Kue Putu, Makin Sulit Ditemui Membuat Rindu Menggebu

Semakin jarang melihat dan mendengar bunyi “tuuuuuut…..” dari suara peluit panci abang penjual Kue Putu lewat di jalan-jalan. Makanan yang satu ini sangat sering dirindukan bagi yang sudah merasakannya.

Kue Putu klasik terbuat dari tepung beras, dimasak dengan dikukus menggunakan cetakan batang bambu kecil. Setelah matang, kue ini akan didorong keluar dengan batang kayu dari cetakan bambu tadi. Bentuknya silinder berwarna putih, di tengahnya ada warna coklat gula jawa sebagai isiannya, disajikan dengan taburan parutan kelapa diatasnya.


Tekstur lembut dari Kue Putu  mengantarkan kelezatan rasa gurih dan manis di dalam mulut kita saat menyantapnya. Hap… nyusss lezatnya! Rasa manis gula jawa memberikan rasa klasik yang sulit dilupakan darinya. Kangen dengan kue ini, coba buat di rumah yuk, kami sudah siapkan resepnya di sini buat Bunda.

Bahan-bahan

Bahan A

  • ¼ buah kelapa muda, kupas kulitnya, parut kasar
  • ¼ sdt garam

Bahan B

  • 250 gr tepung beras Aromanis
  • 160 ml air hangat
  • ¼ sdt garam
  • Gula palem bubuk atau gula aren serut

Cara Membuat

  1. Siapkan mangkuk, aduk jadi satu bahan A, kukus selama 15 menit. Angkat sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk, masukkan tepung beras. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk hingga lembab (bukan basah). Adonan harus mudah digumpalkan dan di hancurkan.
  3. Remas-remas adonan dengan jemari tangan hingga berbutir-butir, jika masih terasa kering tambahkan air sedikit demi sedikit sampai terasa lembab.
  4. Saring adonan dengan kawat yang lubangnya agak besar hingga menjadi butiran yang homogen.
  5. Siapkan cetakan bambu khusus putu atau cetakan cupcake juga boleh.
  6. Tuangkan adonan 1/4 cetakan, isi dengan gula palem secukupnya, tutup dengan adonan hingga penuh. Jangan ditekan, biarkan lepas apa adanya. Lakukan sampai adonan habis.
  7. Panaskan kukusan hingga airnya mendidih, masukkan cetakan yang telah diisi, kukus selama 15-20 menit atau hingga kue matang.
  8. Keluarkan kue dari kukusan, keluarkan dari cetakan, tata di piring saji taburi dengan kelapa parut kukus.
  9. Sajikan

Pakai cetakan potongan bambu memang lebih authentic, seperti jualan si abang-abang putu, tapi pasti ribet ya nyari cetakan bamboo. Tapi memakai cetakan cupcake-pun tak mengurangi kelezatannya kok Bun, Kue Putu tetap cantik dan Lezat. Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Kue Putu, Makin Sulit Ditemui Membuat Rindu Menggebu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel