Donat Kentang Crispy, Kolaborasi Dua Sensasi Rasa Yang Bikin Nagih

Hampir bisa dipastikan semua orang sudah mengenal bentuk dan rasa donat. Bahkan anak-anak pun selalu kegirangan jika disuguhi dengan donat dengan beraneka macam rasa dan warna topping. Di masyarakat kita pun mengenal beragam varian donat, dan yang paling populer dan selalu menjadi andalan adalah donat kentang. Tapi kalau Donat Kentang Cripsy, pernah coba Bun?

Yup, donat kentang memang lain. Rasanya lezat dan khas, tekstur donat pun menjadi lebih awet empuk dan moist. Kepopuleran donat kentang membuat banyak orang mencoba menyulapnya menjadi kreasi baru yang lebih lezat. Salah satunya dengan memadukan Donat Kentang dengan balutan tepung panir yang jika digoreng akan menghasilkan sensasi kress renyah.


Bukan kolaborasi yang salah, karena rasa lezatnya memang betul-betul naik kelas. Wajib dicoba! Yuk, simak resep teruji nya berikut ini!

Bahan-bahan

  • 500 gr tepung protein tinggi
  • 50 gr susu bubuk
  • 10 gr ragi instan
  • 200 gr kentang kukus,  haluskan dan dinginkan
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr mentega margarine
  • 6 gr garam 
  • 4 kuning telur
  • 100 ml air dingin/ susu UHT (boleh menambahkan cairan lagi sampai konsistensi yang diinginkan)
  • 700 gr minyak padat, untuk menggoreng

Bahan celupan

  • Putih telur dan Bread Crumbs

Cara Membuat

  1. Dalam wadah campur tepung terigu, gula,  susu bubuk,  dan ragi instan,  aduk rata. Masukkan kentang halus,  tuang telur,  dan air/ susu uht dingin,  uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri margarin dan garam,  uleni hingga kalis istirahatkan 10  menit.
  3. Bagi adonan masing-masing 45 gr, bulatkan/ rounding. Istirahatkan adonan 30 menit tutup dengan plastik. Kemudian ambil 1 adonan pipihkan, buang gasnya. Kemudian lubangi tengah adonan dengan cutter.
  4. Diamkan lagi adonan, saat setengah mengembang celupkan dalam putih telur dan baluri dengan bread crumb.  Biarkan proofing lagi +/- 10 menit hingga mengembang. (jangan sampai over proofing ya, kecepatan proses proofing tergantung pada suhu ruang).
  5. 10 menit sebelum menggoreng, siapkan deep frying fat dengan api kecil/sedang tapi stabil. Goreng dengan cara satu sisi hingga kuning kecoklatan,  kemudian balik sisi lainnya hingga kuning kecoklatan. Cukup 1x balik.
  6. Angkat, tiriskan / letakkan pada kertas / tissue khusus untuk serap minyak.
  7. Beri topping sesuai selera.

Krrreeesss.. renyah di luar, empuk kempus-kempus di bagian dalamnya.. itulah sensasi dua rasa dalam setiap gigitan Donat Kentang Cripsy. Mau?? Ya bikin doooong, yuk!.

Sumber

0 Response to "Donat Kentang Crispy, Kolaborasi Dua Sensasi Rasa Yang Bikin Nagih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel