Solusi Kreatif Menikmati Sayur Bayam Dengan Bakwan Bayam

Bakwan sayur umumnya menggunakan kol, wortel dan tauge. Bagaimana jadinya kalau menggunakan bayam? Tentu jadinya Bakwan Bayam, dan ternyata rasanya enak juga lho, Bun. Bisa menjadi alternatif gorengan untuk camilan di rumah agar makin variatif.

Karakter Bakwan Bayam ini jenis bakwan yang basah tidak seperti bakwan pada umumnya yang bisa dibuat kering dan kriuk. Dengan kadar air tinggi di dalam bayam menghasilkan bakwan yang gurih dengan sensasi rasa segar yang enak banget. Jika ingin menikmati sayur bayam dengan kreasi yang unik namun lezat, ya Bakwan Bayam ini salah satunya.

Untuk membuat Bakwan Bayam ini, Bunda hanya menggunakan helai daunnya saja ya Bun, karena batangnya akan jadi alot kalau ikut digoreng. Nah, untuk bumbunya Bunda sekalian saja tengok resep lengkapnya di bawah ini.


Bahan-bahan

  • 2 ikat bayam (helai daunnya saja 150 gr)
  • 7 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 sdm tepung terigu segitiga
  • 4 sdm tepung beras
  • ¾ sdt garam
  • ½ sdt kaldu bubuk
  • 150 ml air

Cara Membuat

  1. Ambil daun bayamnya saja, kemudian iris rajang tipis-tipis.
  2. Haluskan bawang merah dan putih. Kemudian campurkan dengan tepung, garam, dan kaldu bubuk, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga tepung larut. Pastikan adonan kental, tidak encer. Hentikan penambahan air jika adonan sudah cukup kental. Koreksi rasa.
  3. Masukkan bayam ke dalam adonan. Aduk rata.
  4. Ambil  adonan 1 sendok makan penuh, goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai agak kering kecoklatan.
  5. Angkat dan sajikan.

Bakwan Bayam enak banget disantap saat hangat, cocok untuk mengganjal perut dengan kandungan seratnya yang tinggi, dan ini jadi menu gorengan yang tidak saja enak namun juga menyehatkan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Sumber

0 Response to "Solusi Kreatif Menikmati Sayur Bayam Dengan Bakwan Bayam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel