Segar Nikmatnya Kolak Pisang Singkong Durian, Bikin Ngiler Parah!

Nah ini nih yang bakal bikin yang pada puasa enggak tahan untuk segera berbuka… hehehe :) Kolak Pisang Singkong Durian. Dari namanya saja sudah bikin ngiler ya, Bun? Kalau yang namanya kolak pasti sudah banyak yang jual di luar sana, tapi kalau yang supperrbb kaya gini harus bikin sendiri nih di rumah.

Tenang saja Bun, membuat kolak itu hal yang mudah dan cepat prosesnya, jadi tak akan terlalu merepotkan. Apalagi kalau yang dibuat selezat ini, pasti semangat 45 menjalaninya ya, kan?! Kolak Pisang Singkong Durian ini jenis kolak gula merah ya Bun, jadi rasanya lebih mantap saat bertemu dengan si durian.

Untuk buah durian, cuma butuh beberapa biji saja, jadi cukup beli buah durian kupas di supermarket biar lebih efisien. Nah untuk resepnya yang ciamik, yuk lihat di bawah ini!


Bahan-bahan

  • 1 sisir (ukuran kecil) pisang kepok matang
  • 500 gram singkong
  • 8 biji durian (sesuaikan saja)
  • 1 buah kelapa parut, ambil 500 ml santan dari perasan pertama dan 1000 ml santan dari perasan berikutnya atau sesuaikan banyaknya.
  • 1 lembar daun pandan
  • 4 sdm munjung gula merah
  • 1 sdt garam
  • Secukupnya Gula pasir

Cara Membuat

  1. Kupas pisang dan singkong, kemudian potong-potong. Untuk singkong cuci bersih.
  2. Rebus singkong dengan air biasa, takaran air sedikit saja asal singkongnya terendam. Rebus sampai singkong matang, tetapi jangan terlalu matang. Supaya tekstur singkong nanti tidak hancur.
  3. Masukkan gula merah, durian, daun pandan dan pisang, kemudian masukkan santan encer sekitar 300 ml saja dulu. Didihkan.
  4. Masukkan sisa santan encer, beri garam dan gula pasir. Jika sudah mendidih masukkan santan perasan pertama sambil sesekali di aduk.
  5. Cek rasa, jika sudah pas angkat dan sajikan.

Selesai sudah membuat Kolak Pisang Singkong Durian-nya. Tinggal masukkan es batu jika suka dingin, atau sajikan hangat juga sangat lezat. Eits.. kalau lagi puasa bikinnya mendingan waktu mendekati waktu berbuka saja ya, biar enggak bikin galau melihat segar dan nikmatnya kolak ini.. :) Selamat menikmati!

Sumber 1

Sumber 2

0 Response to "Segar Nikmatnya Kolak Pisang Singkong Durian, Bikin Ngiler Parah!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel