Resep Tips Anti Gagal: Bolu Kukus Mekar Hempaass Jauh Kutukan Bolkus Mingkem!!

Sebagian Bunda telah beberapa kali mencoba membuat Bolu Kukus Mekar, tapi merasa gagal dan merasa terkena kutukan bolu kukus mingkem karena bolu kukusanya tak pernah mau tertawa ngakak alias mekar? Kali ini, jangan takut gagal Bun, karena kami sudah siapkan resep anti-gagalnya yang mudah diikuti dengan hasil yang mekar maksimal.

Bolu Kukus Mekar ini menggunakan air bersoda dan Cake Emulsifier untuk membantu membuat si bolu kukus bisa mekar sempurna. Tinggal ikuti saja langkahnya, dan perhatikan proses kunci pada pengukusan. Beberapa catatan penting agar sukses membuat Bolu Kukus Mekar ini adalah; tuang adonan ke cetakan harus benar-benar penuh agar bolu mekar maksimal tanpa terhalang cetakan.


Kedua, lama waktu mengukus adonan tergantung juga dari besar kecilnya ukuran cetakan bolu. Secara garis besar, waktu kukus bolu kurang lebih 30-45 menit untuk ukuran sedang-besar, dan kurang dari 30 menit untuk ukuran kecil, agar memastikan bolu telah matang dan mekar sempurna.

Masih ada beberapa tips lagi yang harus Bunda ikuti, tapi simak bahan dan proses pembuatan Bolu Kukus Mekar yang lebih detail di bawah ini dulu, yuk!

Bahan-bahan

  • 200 gr Gula Pasir
  • 2 Butir Telur
  • 1 sdt Cake Emulsifier
  • 250 gr Tepung Terigu, protein sedang
  • 150 ml Sprite atau air soda
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Meises 3 sdm untuk buat motif bintik

Cara Membuat

  1. Kocok gula pasir, telur, cake emulsifier sampai mengembang, putih kental berjejak. 
  2. Masukkan tepung terigu dan air soda bergantian kocok sampai rata dengan speed rendah.
  3. Ambil adonan 1 mangkuk, beri pewarna merah muda, aduk rata, masukkan piping bag. Tambahkan meises pada sisa adonan putih, aduk rata.
  4. Siapkan cetakan muffin atau bolu kukus, beri paper cup.
  5. Tuang adonan putih sampai hampir penuh ke dalam cetakan, semprot atasnya dengan adonan merah muda sampai penuh.
  6. Kukus 15 menit dengan api besar sampai matang.

Dan beberapa tips lainnya, adalah:

  • Dandang/ kukusan harus dipanaskan terlebih dahulu, dan alasi tutupnya dengan serbet supaya air tidak menetes ke adonan dan pakai api yang besar.
  • Waktu mengukus jangan sampai cetakan berdempetan. Beri jarak satu sama lain yang agak lebar 3-5 cm. Tergantung besar cetakan.
  • Kukusan jangan dibuka tutup, supaya adonan tidak kempes. Biarkan tertutup sampai matang.

Bagaimana Bunda, sudah siap mencoba resep anti gagal Bolu Kukus Mekar di atas? Yuk, jangan takut untuk mencoba, selama Bunda ikuti setiap instruksinya dengan benar, tentu hasilnya pun akan baik. Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Resep Tips Anti Gagal: Bolu Kukus Mekar Hempaass Jauh Kutukan Bolkus Mingkem!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel