Jangan Lombok, Citarasa Khas Ndeso Yang Sungguh Nikmat

Jangan” dalam bahasa Jawa berarti “sayur” umumnya untuk menyebut masakan sayur yang berkuah. Sayur kacang = jangan kacang, sayur nangka = jangan gori, dan lainnya. Seperti kali ini, kami pilihkan satu resep khas Jawa Tengah yang sangat sedap untuk Bunda coba di rumah, Jangan Lombok namanya. Lombok sendiri dalam bahasa Jawa berarti cabai.

Jangan Lombok atau sayur cabai, bukan berarti isiannya hanya cabai ya, Bun. Bahan dasar utamanya adalah tempe, namun karena menggunakan cabai yang cukup banyak, sehingga membuat terlihat seakan-akan hanya kuah dan cabai saja. Tapi tenang Bunda, masakan ini tak terlalu pedas, karena menggunakan cabai hijau keriting. Bunda bisa tambahkan cabai rawit hijau untuk rasa lebih pedas.


Satu lagi yang khas dari masakan ini, yaitu menggunakan tempe semangit, sebutan untuk tempe yang sudah berusia dua hari. Bahan ini lah yang membuat aroma masakan ini makin sedap. Penasaran seperti apa rupa dan kelezatan Jangan Lombok ini? Yuk, coba di dapur Bunda, simak cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 1 papan tempe baru, iris korek api
  • 1/2 papan tempe semangit, potong korek api 
  • 2 lembar daun salam 
  • 1 ruas lengkuas, memarkan 
  • 500 ml santan sedang (dari 1/2 butir kelapa)
  • Secukupnya garam, gula merah dan kaldu jamur

Bumbu Iris

  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis 
  • 100 gram cabai hijau keriting (sesuai selera), iris serong
  • 10 cabai rawit hijau, iris serong (skip kalau tidak suka terlalu pedas)

Cara Membuat

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi, masukkan daun salam dan lengkuas, aduk sampai bawang agak cokelat, masukkan cabai, aduk sampai agak layu, masukkan tempe, masak sampai tempe setengah matang, tuangi santan.
  2. Bumbui garam, gula merah dan kaldu bubuk, aduk rata, masak terus sambil diaduk agar santan tidak pecah, biarkan mendidih, koreksi rasa, matikan api, sajikan.

Tips.

Bumbu iris harus ditumis sampai benar-benar matang supaya sayur terasa sedap dan tidak cemplang (kata orang Jawa).

Jangan Lombok ini memiliki citarasa asin, gurih dan pedas. Jika Bunda dan keluarga menyukai rasa pedas, masakan ini akan lebih lezat disantap dengan rasa pedas yang mantap. Sajikan bersama ikan asin, ikan atau pindang goreng.. hhhmm.. maknyuuuuuss!!

Sumber

0 Response to "Jangan Lombok, Citarasa Khas Ndeso Yang Sungguh Nikmat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel