Jangan Dibuang! Jadikan Kremesan Ayam Renyah Bersarang, Anti-Gagal

Ayam Ungkep Goreng Kremes tentu bukan lagi sajian ayam goreng yang asing. Bunda bisa dengan mudah menemukan sajian menu ini di rumah makan atau restoran ayam goreng yang pastinya sungguh lezat. Jika terlalu sering membelinya tentu akan membuat dompet Bunda menjerit.. namun jika membuatnya sendiri, bagaimana sih cara membuat Kremesan Ayam Renyah??

Mau tahu aja apa mau tahu bangeeet?? hehehe… :). Untuk membuat Kremesan Ayam yang super renyah dan bersarang, tentu saja ada tips yang harus Bunda ikuti. Bunda bisa temukan tips-tips nya di resep berikut ini:

Bahan-bahan

  • 300 ml air ungkepan ayam (bisa gunakan resep ungkep ayam andalan masing-masing)
  • 200 ml santan encer
  • 150 gram tapioka/sagu tani
  • 30 gram tepung beras
  • 2 kuning telur
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat

  1. Pisahkan ayam dan sisa air ungkepannya. Lalu buang bumbu-bumbu daun (sereh, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dll). Goreng ayam secara terpisah.
  2. Saring air ungkepan dan takar 300 ml. Biarkan hingga tidak panas lagi baru dicampur bahan-bahan lainnya.
  3. Campur semua bahan adonan kremes. Buat adonan hingga licin tidak bergerindil. Saring bila perlu.
  4. Setiap akan menuang ke dalam wajan, aduk-aduk dulu adonannya agar tidak ada tepung yang mengendap di dasar wadah.
  5. Panaskan minyak goreng yang banyak dengan api sedang. Pastikan minyak sudah benar-benar panas saat adonan dituang agar langsung membentuk sarang. Sebaiknya gunakan wajan yang cekungannya cukup dalam.
  6. Ambil 1 sendok sayur adonan. Tuang adonan ke dalam minyak panas menggunakan saringan kawat halus dari jarak yang agak tinggi (minimal 30 cm) dengan gerakan memutar di atas wajan.
  7. Setelah dituang ke wajan, jangan diaduk-aduk dulu. Biarkan sampai terlihat adonan berbentuk di permukaan minyak dan bersarang. Lalu kecilkan api.
  8. Kalau mau bikin bentuk lipat. Setelah buih berkurang, kumpulkan adonan ke tengah dgn cara menggeser adonan pelan-pelan dari bagian pinggir menggunakan sutil (supaya lebih rapat dan bisa dilipat). Setelah setengah matang lalu lipat dua adonan menggunakan sutil, kemudian langsung lipat dua lagi. Lanjutkan menggoreng hingga kering keemasan. Jangan lupa dibalik.
  9. Tiriskan kremesan. Siap disajikan.

Note.

Sebelum menuang kembali adonan berikutnya, bersihkan dulu minyak dari sisa-sisa kremes sebelumnya (diserok) agar tidak menempel di adonan selanjutnya.

Mengungkep ayam dengan bumbu, sudah barang tentu akan menghasilkan air kaldu ayam yang lezat namun sering dibuang karena belum menemukan resep Kremesan Ayam Renyah yang bersarang dan anti-gagal. Nah sekarang jangan buang lagi ya Bun, kan sudah ketemu resepnya di atas! :). Yuk buruan eksekusi!

Sumber

0 Response to "Jangan Dibuang! Jadikan Kremesan Ayam Renyah Bersarang, Anti-Gagal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel