Telur Geprek Sambal Bawang Menu Sederhana Tapi Bikin Boros Nasi

Salah satu sajian ayam yang beberapa tahun lalu mulai nge-hits dan tak ada matinya hingga sekarang apa lagi kalau bukan si ayam geprek. Ayam geprek diolah dengan melapisi potongan ayam dengan tepung, lalu digoreng hingga matang dan kriuk renyah. Untuk selanjutnya disajikan dengan cara digeprek dengan sambal sesuai selera. Olahan ayam yang berasal dari kota Yogyakarta ini mampu bertahan tak tergerus menu-menu lezat baru lainnya yang bermunculan. Alih-alih menghilang, sajian geprekan malah semakin variatif dan kreatif. Salah satunya adalah Telur Geprek Sambal Bawang, versi ekonomis yang ternyata tak kalah lezat.

Kemunculan kreasi Telur Geprek yang tentunya lebih hemat di kantong ini ternyata mampu menjadikan kreasi telur ini pun viral di media sosial menyusul pendahulunya, si Ayam Geprek. Biaya bahan yang minimalis, dengan cara membuat yang super gampil membuat sajian ini menjadi menu andalan yang meski praktis namun enaknya bikin makan makin lahap, sehingga banyak orang yang sudah mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Lalu, apakah Bunda juga sudah merasakan kelezatan Telur Geprek Sambal Bawang ini di rumah? Jika belum, buruan deh cobain, nggak bakalan nyesel kok.. malahan bakal ketagihan bikin lagi di lain waktu. Bunda bisa praktekkan resep pilihan kami berikut ini.. yuk!


Bahan-bahan

  • 2 butir telur
  • 6 sdm tepung bumbu
  • 4 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • Garam, lada (optional)
  • Air
  • Minyak untuk menggoreng
  • Cabai sesuai selera
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdm Minyak panas untuk mematangkan cabai

Cara Membuat

  1. Kocok telur dengan garpu, dadar telur seperti biasa (boleh tanpa minyak jika menggunakan wajan anti lengket). Setelah matang potong menjadi beberapa bagian.
  2. Campurkan tepung bumbu, tepung terigu, tepung maizena. Jika dirasa perlu bisa tambahkan garam, lada.
  3. Ambil sedikit campuran tepung, tambahkan sedikit air untuk adonan basah/tepung pencelup.
  4. Celupkan telur ke adonan basah, gulingkan ke campuran tepung kering. Lakukan beberapa kali sampai ketebalan yang diinginkan.
  5. Goreng dalam minyak panas dan banyak sampai matang, tiriskan.
  6. Haluskan cabai, bawang putih, garam. Tuangkan sedikit minyak panas agar aroma cabai tidak langu. Masukkan telur crispy ke dalam cobek kemudian geprek hingga hancur. Siap disajikan dengan pelengkap 

Kriuk.. kriuuk.. huh.. hah.. sedapnya menyantap sepiring nasi putih hangat, dengan lauk Telur Geprek Sambal Bawang yang super gurih, renyah dan pedas nampolnya sambal bawang.. maknyooosss!! Dijamin.. meski lauk ini sangat sederhana, tapi efeknya tak akan sesederhana itu, karena kelezatannya bakal bikin boros nasi! :)

Sumber

0 Response to "Telur Geprek Sambal Bawang Menu Sederhana Tapi Bikin Boros Nasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel