Sajikan Hangat! Pancake Lipat Ini Akan Jadi Mood Booster Jitu di Pagi Hari

Pancake, berasal dari bahasa Belanda “pannenkoek" adalah sajian kue dadar yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu. Bahan-bahan ini kemudian dicampur dengan air untuk membentuk adonan kental, yang nantinya akan digoreng atau dipanggang di atas wajan datar atau pan yang sudah diolesi minyak terlebih dahulu. Pancake memiliki rasa manis gurih dengan tekstur kue yang empuk dan lembut. Jika di Indonesia, kue ini memiliki kemiripan dengan kue martabak manis (terangbulan) dan kue pukis. Namun tentu saja dengan cara pengolahan dan penyajian yang berbeda.

Cara penyajian pancake pada umumnya adalah setelah kue ini matang, pancake akan langsung disajikan hangat-hangat, dengan dua atau tiga buah pancake ditumpuk di atas piring saji dan lalu ditambahkan topping berupa secukupnya irisan butter dengan siraman sirup mapple atau madu. Namun kali ini kami akan mengajak Bunda untuk membuat kreasi pancake dengan cara penyajian yang berbeda, yaitu dengan cara dilipat. Sesuai dengan namanya, Pancake Lipat, sehingga tampilannya akan mirip dengan martabak manis  yang kita kenal ya, Bun? Tapi lalu apakah Pancake Lipat ini akan memiliki rasa yang mirip dengan martabak manis? Untuk tahu itu, Bunda bisa coba praktekkan resep berikut ini di dapur rumah Bunda. Yuk, simak!


Bahan-bahan

  • 4 Butir Telur
  • 100 gr Gula Pasir
  • 180 gr Tepung Terigu Segitiga
  • 45 gr Susu Bubuk
  • 100 ml Susu Cair
  • 1/2 sdt Soda Kue
  • 1/2 sdt Pasta Vanilla

Cara Membuat

  1. Masukkan telur dan gula pasir, aduk dengan whisk sampai rata.
  2. Masukkan tepung dan susu bubuk, aduk rata, masukkan soda kue dan vanilla.
  3. Masukkan susu cair, aduk hingga rata.
  4. Panaskan teflon (tidak perlu diberi minyak/margarin) tuangkan satu sendok sayur adonan ke atas teflon.
  5. Panggang dengan api kecil sampai berlubang-lubang permukaan pancake nya.
  6. Beri topping selai/meises di atas pancake, lipat dengan bantuan spatula

Bagaimana Bunda, cara membuat Pancake Lipat ini jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan membuat martabak manis kan? Apalagi Bunda tidak memerlukan pan baja atau cetakan khusus untuk membuatnya. Cukup gunakan pan datar anti lengket, maka Bunda siap menyajikan Pancake Lipat hangat-hangat dengan  berbagai macam isian sesuai selera Bunda dan keluarga tercinta. Mereka pasti menyukainya. Selamat mencoba Bunda!

Sumber

0 Response to "Sajikan Hangat! Pancake Lipat Ini Akan Jadi Mood Booster Jitu di Pagi Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel