Roti Tawar Coklat Plus Butiran Chocochips yang Bikin Nyoklat Banget

Roti tawar, sering dipilih sebagai sarapan alternatif pengganti nasi yang lebih praktis namun tetap mampu menjadi bahan bakar tubuh untuk memulai hari beraktivitas. Hal tersebut karena roti tawar memiliki kandungan serat, karbohidrat, dan protein yang tinggi.

Teksturnya yang empuk dan juga lembut membuat banyak orang menggemari roti tawar. Tak cukup selembar, namun setangkup roti tawar yang dipadukan dengan aneka ragam dan rasa selai favorit, semakin meng-upgrade rasa lezatnya. Varian rasa roti tawar sendiri pun makin beragam, rasa original, roti tawar pandan, dan Roti Tawar Coklat.


Tak sulit untuk menemukan roti tawar saat ini. Di setiap toko bahan makanan, bahkan di minimarket untuk barang-barang kebutuhan harian pun kita mudah mendapatkannya. Namun jika Bunda tertarik untuk membuatnya sendiri di dapur rumah, tak ada salahnya tuh, Bun. Dengan mencoba dan berlatih membuat roti tawar yang benar, dijamin.. roti hasil bikinan Bunda tak akan kalah lezat dengan bikinan pabrik :).

Dan kali ini kami sajikan resep pilihan Roti Tawar Coklat yang super yummy karena menambahkan butiran chocochips di dalamnya. Bagaimana kelezatannya dan cara membuatnya, berikut catatan resepnya..

Bahan-bahan

  • 400 gr terigu pro tinggi (contoh: Kobuki, Cakra Kembar)
  • 60 gr terigu pro sedang (contoh: Segitiga Biru)
  • 40 gr coklat bubuk (contoh: Bensdropp)
  • 9 gr ragi instan (pastikan masih aktif)
  • 60 gr gula pasir
  • 20 gr susu bubuk coklat (contoh: Milo)
  • 2 butir telur
  • 250 gram susu UHT dingin (contoh: Ultra, Greenfield, Anchor)
  • 50 gram salted butter (contoh: Anchor)
  • 60 gram choco chips (contoh: Tulip)

Cara Membuat

  1. Siapkan mixer heavy duty, hand mixer, atau ulen manual.
  2. Campur bahan kering di bowl sambil diaduk dengan speed rendah, lalu masukkan telur dan cairan sedikit demi sedikit, aduk uleni adonan hingga kalis.
  3. Masukkan butter dan garam, aduk kembali dengan mixer hingga kalis dan elastis.
  4. Terakhir masukkan chochips aduk hingga rata, matikan mixer. Bulatkan adonan, tutup dengan cling wrap, biarkan mengembang hingga 2x lipat (1 – 2 jam, tergantung dengan suhu udara di tempat Bunda).
  5. Tonjok adonan biar udara keluar, bagi 4 sama rata lalu gilas memanjang, kemudian gulung, masukkan ke loyang loaf roti tawar yang sudah dioles butter tipis-tipis.
  6. Proofing kembali hingga adonan hampir penuh, tutup dengan tutup loyangnya yang sudah dioles butter tipis.
  7. Panggang dengan suhu 190 ⁰C selama 30 menit atau sampai matang. Jangan dibuka-buka.
  8. Angkat, dan keluarkan dari loyang biarkan dingin dan potong-potong dengan ketebalan yang sama.

Cukup mudah untuk membuat Roti Tawar Coklat sendiri di rumah, apalagi jika Bunda sudah terbiasa membuat berbagai macam jenis roti. Kunci utama membuat roti adalah ikuti resep dengan seksama, gunakan jenis tepung yang tepat, pastikan ragi yang Bunda gunakan masih aktif, dan pastikan adonan roti diuleni hingga kalis elastis karena akan menghasilkan serat roti yang lembut dan empuk. Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Roti Tawar Coklat Plus Butiran Chocochips yang Bikin Nyoklat Banget"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel