Roti Maryam Eggless Alternatif Menu Sarapan Praktis

Suka macet mikirin ide menu sarapan yang praktis ngga sih, Bun? Pengin sarapan yang ringan tapi cukup mengisi perut, bukan nasi, bukan roti tawar.. nah loh.. riweuh amat yak? Tenang Bun, masih ada Roti Maryam yang bisa Bunda sajikan di atas meja makan. Bunda bisa praktekkan resep Roti Maryam Eggless pilihan kami kali ini, meski tanpa telur, tapi rasanya tetap lembut di dalam dan sedikit renyah di bagian luarnya, lho!

Roti Maryam, tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat kita. Roti yang konon berasal dari India ini ada pula yang menyebutnya Roti Canai. Roti ini bisa dinikmati sebagai camilan setiap saat, atau menjadi menu sarapan yang praktis. Sekali membuat, Bunda bisa menyimpannya di freezer untuk menjadi stok frozen food siap santap kapan saja diinginkan. Asik kan? :)

Tampilannya yang unik berlapis-lapis ternyata tak sulit lho untuk membuatnya. Coba deh, Bunda bisa tengok resep Roti Maryam Eggless berikut ini..


Bahan-bahan

  • 400 gr tepung terigu protein tinggi
  • 100 gr margarin cair (butter cair) – ambil 5 sdm untuk adonan
  • 80 ml minyak goreng – ambil 3 sdm untuk adonan
  • 200 - 250 mL susu cair full cream /air
  • 1/2 sdm garam

Cara Membuat

  1. Campur jadi satu ke dalam wadah, tepung, garam, 5 sdm margarin, 3 sdm minyak goreng.
  2. Tambahkan sedikit demi sedikit susu cair sambil diaduk hingga konsistensi. Jika dirasa sudah kalis hentikan penambahan susu cair, agar adonan tidak kelembekan.
  3. Bulatkan adonan, tutup dean plastik wrap atau kain bersih. Diamkan 10-15 menit.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, bulatkan (adonan mulus, lihat gambar). Rendam adonan dengan minyak goreng, tutup dengan plastik wrap atau platik biasa hingga plastik menempel di adonan. Diamkan hingga 1-2 jam.
  5. Pipihkan adonan dengan bantuan plastik agar tidak mudah sobek, sampai setipis mungkin.
  6. Oles adonan dengan margarin cair, beri coklat pasta (untuk rasa coklat). Gulung adonan, banting bagian ujung agar lebih panjang, gulung sisi-sisinya berlawanan arah hingga membentuk huruf Tumpuk hingga menjadi satu.
  7. Pipihkan adonan, masak di atas teflon yang dioles margarin, disini adonan akan mengembang jika berhasil.
  8. Selagi hangat, remas roti maryam agar layer terbentuk.

Semakin sering Bunda membuat Roti Maryam Eggless akan semakin cantik dan lezat roti maryam bikinan Bunda. Untuk menikmati roti maryam, Bunda bisa menambahkan selai cokelat, keju, madu maupun berbagai topping lainnya. Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Roti Maryam Eggless Alternatif Menu Sarapan Praktis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel