Resep Simpel Creamy Fettuccine a la Resto Italia Pecinta Pasta Wajib Hadir!

Creamy Fettuccine atau disebut juga Fettuccine Alfredo adalah menu lezat yang biasanya bisa kita temui di kebanyakan restoran Italia. Olahan pasta ini memiliki karakteristik yang memadukan Fettuccine yang lentur nan lembut dengan mentega (butter), dan keju yang meleleh lembut dan creamy. Nama menu ini diambil dari nama seorang pemilik restoran Via della Scrofa di Roma bernama Alfredo Di Lelio, dimana beliau membuat Fettuccine Alfredo pertama kali sekitar tahun 1914, dan tetap digemari orang hingga saat ini.

Umumnya di negara asalnya, Creamy Fettuccine dibuat dengan menggunakan keju parmesan. Ada juga yang menambahkan keju asiago ataupun keju romano untuk memperkuat rasanya. Sekilas saus alfredo mirip dengan carbonara karena memiliki sama-sama berwarna putih, namun kedua saus ini memiliki bahan yang berbeda. Alfredo menggunakan bahan utama butter dan keju parmesan, dan dua bahan inilah yang kemudian bercampur menjadi saus putih. Sedangkan carbonara menggunakan telur. Jadi jangan sampai keliru ya, Bunda.. :).


Pada perkembangannya di Amerika, saus Alfredo dikembangkan lagi dengan menggunakan krim kental (heavy cream) untuk menghasilkan sensasi saus yang super creamy. Hal tersebut karena orang Amerika menyukai rasa yang gurih dan pekat. Jika krim kental sulit ditemukan di tempat tinggal Bunda, maka kita bisa gunakan cara lain yang jauh lebih ekonomis, dengan metoda penggunaan tepung terigu sebagai pengental saus, seperti yang digunakan pada resep Creamy Fettuccine a la pemilik akun Instagram @utamiif. Seperti apa, yuk simak resep lengkapnya di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 100 gr Fettuccine/pasta lain
  • 2 sdm Minyak
  • 1/2 Buah Bawang Bombay, cincang
  • 100 gr Daging Cincang
  • 1 buah Sosis, iris
  • 1 sdm Margarin/Butter
  • 1 sdm Terigu
  • 150 ml Susu Cair
  • Garam
  • Gula
  • Lada Bubuk
  • Pala Bubuk

Cara Membuat

  1. Rebus Fettuccine dengan tambahan sedikit minyak hingga al dente, sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna. Tambahkan sosis, masak sebentar, sisihkan.
  3. Panaskan butter, masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga berubah warna.
  4. Tuangkan susu cair, aduk agar tidak bergerindil. Masukkan tumisan daging, tambahkan bumbu-bumbu sesuai selera. Masak hingga meletup-letup
  5. Masukkan fettuccine yang sudah direbus, aduk rata. Siap disajikan

Nah, Creamy Fettuccine siap disajikan. Bunda bisa tambahkan parutan keju parmesan ke dalam larutan saus krimnya, sesaat setelah saus turun dari kompor (jangan masukkan saat saus dimasak, karena keju akan menggumpal). Dengan menambahkan lada hitam bubuk ataupun sedikit bubuk pala di atasnya, akan semakin meng-upgrade kelezatan rasanya. Hmmm.. akan semakin nikmat jika disantap selagi hangat!

Tak sulit untuk membuat sendiri Creamy Fettuccine di rumah, namun yang perlu Bunda perhatikan adalah belilah fettucine kering yang berkualitas bagus dan terbuat dari durum wheat. Maka hasilnya pun akan.. perfecto!

Sumber

0 Response to "Resep Simpel Creamy Fettuccine a la Resto Italia Pecinta Pasta Wajib Hadir!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel