Oseng Cumi Asin Pedas Yang Takut Gemuk, Jangan Sekali-kali Nyobain! Ntar Nyesel..

Salah satu menu yang sulit untuk ditolak saat tersaji di atas meja makan, salah satunya adalah Oseng Cumi Asin Pedas. Cumi asin memang paling sedap jika dimasak dengan cara ditumis dan dibumbu pedas, ya Bunda. Olahan cumi banyak digemari tak hanya karena rasa lezatnya, namun juga karena kandungan gizinya.

Mengolah cumi sebenarnya tidaklah sulit, asal kita mengetahui tekniknya ya Bun, karena sama seperti udang dan kerang, maka daging cumi akan alot bila dimasak terlalu lama. Oleh karena itu dalam mengolah cumi kita tak perlu memasaknya lama. Cukup 3 menit saja cumi harus kita angkat.


Jika untuk mengolah cumi segar, ada beberapa yang harus diperhatikan saat membeli cumi berkenaan dengan kesegarannya, lalu bagaimana jika kita akan memasak cumi asin yang notabene sudah diawetkan, ya? Untuk cumi kering atau cumi asin, pilih yang teksturnya kering ya, Bun! Supaya tekstur dan rasanya pas, rendam dahulu cumi asin dengan air panas selama 10-15 menit. Daging cumi akan menjadi lebih empuk dan mengurangi rasa asin.

Nah, setelah mengetahui tips memilih cumi kering yang benar, sudah siap mencoba resep Oseng Cumi Ikan Asin? Yuk, tengok instruksinya di resep berikut ini..

Bahan-bahan

  • 500 gr cumi asin ukuran kecil
  • 100 gr cabai rawit merah iris
  • 100 gr cabai hijau keriting iris
  • 2 sdm sambel korek (*boleh di skip)
  • 12 butir bawang merah iris
  • 6 siung bawang putih iris
  • 1 bombay cincang
  • 2 lbr daun salam
  • 4 lbr daun jeruk
  • 2 sdm saos tiram
  • 1 sdm kecap manis (*takaran kecap & saos tiram bisa ditambah sesuai selera)
  • Garam

Cara Membuat

  1. Rebus air sampai mendidih, matikan api, lalu masukkan cumi asin yang sudah dicuci bersih, rendam cumi sekitar 15 menit dalam air mendidih (note: untuk cumi ukuran lebih besar bisa direbus dulu, tapi jika anak cumi cukup direndam supaya tidak hancur, setelah direndam bilas kembali cumi sampai bersih)
  2. Tumis irisan bawang putih dan bawang merah, lalu rempah daun sampai harum, selanjutnya masukkan irisan rawit merah dan bombay Aduk rata, masukkan cumi asin dan sambel korek, masak dengan api kecil, bumbui dengan saos tiram, kecap dan garam (hati-hati dalam menambahkan garam, jangan sampai terlalu asin)
  3. Terakhir masukkan irisan cabai ijo keriting, masak sampai cabai layu. Boleh tambah kaldu bubuk atau gula pasir sesuai selera.

Note: sambel korek = dari rawit merah dan bawang putih mentah, diulek lalu siram dengan minyak bekas goreng ayam, bumbui dengan gula pasir dan garam.

Hmmm.. dari aromanya saja, orang pasti tergoda untuk menyantapnya. Apalagi, pada gigitan pertama, rasa pedas gurih Oseng Cumi Asin Pedas ini bisa membuat siapa saja ketagihan.. endes surendeess!! Salah satu jenis makanan penggagal diet nih, Bun.. 

Sumber

0 Response to "Oseng Cumi Asin Pedas Yang Takut Gemuk, Jangan Sekali-kali Nyobain! Ntar Nyesel.."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel