Menikmati Kezatan Lepet Jagung Makanan Tradisional Oleh-Oleh Khas Gresik

Jika Bunda jalan-jalan ke Gresik pasti akan bertemu dengan Lepet, penganan legit nikmat yang dibungkus dengan kulit jagung yang sangat digemari karena keunikan rasanya. Makanan yang telah menyebar ke seantero Jawa ini memiliki banyak varian, ada lepet beras ketan, lepet aneka kacang-kacangan dan juga lepet jagung. Lepet Jagung yang berkembang di Gresik sendiri sangat digemari karena rasa legitnya unik dan ringan berbeda dari lepet varian lain.

Sebenarnya makanan ini sedikit mirip dengan lemet, namun kalau lemet dibuat dari parutan singkong dan tak memiliki tekstur seperti halnya lepet. Lepet Jagung yang merupakan makanan tradisional seharusnya bisa selalu dekat dengan masyarakat. Namun kian hari penganan tradisional makin tergerus oleh hadirnya makanan modern, termasuk juga si Lepet Jagung ini yang makin sulit ditemui ya, Bun?


Bagi Bunda yang hidup dalam generasi dua jaman, pasti masih menyukai kelezatan kue tradisional ini, hanya saja sulitnya penganan ini ditemui membuat kita jadi sulit juga untuk kembali menikmatinya, ya? Nah kali ini kami sajikan resep Lepet Jagung untuk Bunda coba di rumah sehingga bisa kembali menikmatinya sewaktu-waktu, dan sekaligus untuk tetap menjaga kelestarian kue tradisional kita. Simak resepnya berikut ini ya, Bun!

Bahan-bahan

Untuk 11 Lepet Jagung

  • 3 buah jagung manis, kupas, blender sampai halus
  • 3 sdm jagung manis dipipil
  • 6 sdm tepung maizena
  • 3 sdm tepung terigu
  • 180 gr kelapa kupas parut 
  • 120 gr gula pasir
  • garam secukupnya
  • Kulit jagung untuk membungkus, cuci lalu tiriskan

Cara Membuat

  1. Panaskan kukusan sampai beruap.
  2. Campurkan semua bahan, aduk rata dan koreksi rasa.
  3. Ambil 1 lembar kulit jagung, letakkan 2 sdm adonan di atasnya.
  4. Gulung atau lipat kulit jagung sambil dipadatkan, lakukan sampai habis (tidak perlu diikat)
  5. Kukus selama 30 menit atau hingga matang.
  6. Angkat dan sajikan.

Enak banget dimakan panas maupun dingin. Dan Lepet Jagung ini termasuk makanan tahan lama jadi Bunda tak perlu khawatir jika lepet hasil bikinan Bunda tak langsung habis dimakan.  Selamat menikmati kue oleh-oleh tradisional buatan sendiri ya, Bun!

Sumber

0 Response to "Menikmati Kezatan Lepet Jagung Makanan Tradisional Oleh-Oleh Khas Gresik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel