Mantao Polos Khas Cina Yang Unik Begitu Lembut, Lezat, dan Nyaman di Perut

Dari Cina ada kue Mantao yang sangat digemari dan telah merambah ke Indonesia sejak lama. Mantao, walau juga dibuat dari terigu dan menggunakan ragi namun bukan seperti roti pada umumnya, meski cara pembuatannya pun dengan dikukus namun tidaklah juga mirip dengan bakpao. Kue yang tahan sampai 3 hari tanpa pengawet ini cocok untuk sediaan di rumah lho Bun, bisa untuk menggantikan roti tawar.

Mantao ini sangat lezat dengan aneka isian seperti; kacang, daging, coklat, keju dan juga aneka selai. Cara pembuatnnya mirip dengan bakpao tapi hasil akhirnya sangat berbeda, secara umum lebih enak Mantao sih ya. Memiliki serat yang lembut dan padat, dengan tekstur kue yang kenyal begitulah wujud kue ini. Versi polos tanpa isian pun rasanya lezat. 


Untuk Bunda yang ingin tahu kelezatannya, bisa mencobanya di rumah. Berikut ini kami sajikan resep Mantao polos yang bisa Bunda variasikan sendiri dengan berbagai isian favorit Bunda dan keluarga.

Bahan-bahan

  • 315 gr tepung terigu protein rendah
  • 50 gram maizena
  • 2 sendok teh (8 gram) ragi instan
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 85 gram gula pasir
  • 25 gram susu bubuk
  • 175 ml air es
  • 30 gram mentega putih
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuatnya

  1. Campur tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, susu bubuk, ragi instan dan baking powder, aduk hingga rata.
  2. Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni hingga elastis.
  3. Bagi menjadi 2 bagian. Tambahkan pasta cokelat pada satu bagian. Uleni hingga rata. Diamkan masing-masing selama kurang lebih 25 menit.
  4. Kempiskan adonan. Gilas masing-masing adonan hingga setebal 1 cm Letakkan adonan warna putih diatas adona dasar. Gulung dan rapatkan. Potong setebal 1 1/2 cm dan alasi dengan kertas roti, diamkan selama 30 menit.
  5. Kukus selama kurang lebih 15 menit hingga matang, angkat dan sajikan.

Mantao lezat siap disantap. Rasakan kelembutan seratnya dan kelezatan rasa dalam setiap gigitan. Dengan karakternya yang moist, membuat nyaman di mulut hingga ke perut saat menyantapnya. Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Mantao Polos Khas Cina Yang Unik Begitu Lembut, Lezat, dan Nyaman di Perut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel