Kue Biji Ketapang Eggless Enak-Renyah.. Harum Kelapanya Mantul!

Biji ketapang merupakan kue khas Betawi yang biasanya hadir saat lebaran. Kue biji ketapang hadir dengan rasa yang manis, gurih dan renyah. Bagi orang Betawi, rasanya ada yang hilang tanpa kehadiran kue yang satu ini. Kue yang dibuat dengan cara digoreng ini menggunakan kelapa parut dan santan, hmm.. sudah bisa dibayangkan gurihnya ya Bun. Dan kali ini kami hadir dengan resep Kue Biji Ketapang Eggless.

Tapi kenapa dinamakan biji ketapang, ya? Konon bermula dari pohon bunga ketapang yang dulu banyak ditemukan di pinggir jalan kota Jakarta. Buah ketapang berbentuk bulat, kulitnya keras dan ujungnya runcing. Jika dibuka, isinya berwarna putih seperti almond. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Itulah yang menginspirasi kue biji ketapang. Waaah.. menarik ya Bun sumber inspirasi kue yang satu ini?


Nah.. tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah? Yuk, tak perlu menunggu Lebaran untuk bisa menikmatinya, berikut resep Kue Biji Ketapang Eggless yang bisa Bunda coba praktekkan.

Bahan-bahan

Hasil: 400 gr kue biji ketapang

  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 60 gr gula pasir
  • 50 gr margarin, tak perlu dilelehkan
  • 100 gr kelapa kupas parut
  • 100 ml santan kental
  • ¼ sdt vanili bubuk
  • ¼ sdt baking powder
  • ¼ sdt garam

Cara Membuat

  1. Sangrai kelapa parut hingga kering dan harum. Jangan sampai gosong. Lalu blender hingga halus. Sisihkan.
  2. Dalam baskom, campurkan tepung terigu, gula pasir, margarin, kelapa sangrai, santan, vanili, bp dan garam. Aduk dan uleni hingga bisa dipulung.
  3. Bagi masing-masing 80 gram, lalu pulung panjang, menyerupai sosis.
  4. Gunting atau potong dengan pisau bentuk serong. Lakukan hingga habis. Taburi sedikit tepung supaya tidak saling menempel.
  5. Goreng dengan minyak panas, api kecil. Aduk-aduk supaya tidak gosong. Angkat tiriskan ketika sudah berwarna kecoklatan.
  6. Masukkan stoples jika sudah dingin.

Kue Biji Ketapang Eggless ini adalah salah satu camilan yang cara membuatnya super gampil, bahan-bahannya simpel, tapi rasanya bikin kangen. Tips supaya Kue Biji Ketapang Eggless ini manis, gurih dan renyah, gunakan kelapa parut setengah tua, dan jangan uleni adonan terlalu lama. Cukup sampai adonan tercampur rata, supaya hasil gorengan tidak keras, oke? Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Kue Biji Ketapang Eggless Enak-Renyah.. Harum Kelapanya Mantul!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel