Kuah Caisim Bakso Udang Segar dan Nikmatnya Super Duper Mantap

Meat ball atau bakso sudah melekat dengan masyarakat Indonesia. Yang namanya makanan berbau bakso pasti banyak yang melirik. Kalau bakso sapi dan ayam tentu sudah sangat umum, berbeda dengan bakso udang yang masih terbatas pada masakan Chinese food dan aneka masakan seafood. Bagaimana jika bakso udang dibuat masakan berkuah seperti halnya bakso yang umum ditemui? Bunda bisa temui pada masakan Kuah Caisim Bakso Udang berikut ini.

Meski tak menggunakan kuah kaldu udang, tapi ternyata Kuah Caisim Bakso Udang dengan kuah kaldu ayam ringan tanpa bawang, ditambah segarnya sawi bisa cucok banget lho Bun dengan bakso udangnya. Kalau lidah Indonesia kayaknya pas banget nih dibandingkan dengan rasa tomyam. Kalau mau dijelaskan agak susah juga rasanya, yang jelas baksonya uwenak dan kuahnya suweger, mantap banget di makan panas-panas.


Nah, dari pada penasaran, baca tuntas resepnya dan coba di dapur Bunda agar segera bisa mencicipi Kuah Caisim Bakso Udang ini. Simak resepnya di bawah ini ya, Bun.

Bahan-bahan

Bahan bakso udang

  • 150 gr udang kupas, haluskan
  • 2 sdm sagu
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 putih telur dingin dari kulkas
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Bahan kuah

  • Kaldu ayam kampung secukupnya
  • 2 lbr caisim, iris kasar
  • Garam, gula dan merica secukupnya

Cara Membuat

  • Bakso Udang
  1. Dalam wadah campur udang, bawang putih, garam dan gula. Uleni sampai rata.
  2. Masukkan putih telur, aduk rata tambahkan sagu. Uleni sampai adonan terasa kencang.
  3. Panaskan air dalam panci, bentuk bulat-bulat adonan bakso, masukkan ke dalam panci, lakukan sampai selesai.
  4. Masak sampai bakso mengapung tanda sudah matang. Angkat, tiriskan.
  • Kuah
  1. Didihkan kaldu ayam beri garam dan gula, merica secukupnya.
  2. Masukkan caisim dan bakso udang ke dalam kaldu. Masak jangan terlalu lama supaya caisim tidak lembek. Angkat dan sajikan panas-panas.

Tips: Bakso udang bisa dibuat banyak dan disimpan dalam kulkas. Cukup simpan di chiller jangan di freezer agar tekstur tidak rusak.

Kuah Caisim Bakso Udang ini cocok di hidangkan kapan pun. Untuk lauk nasi maupun langsung disantap begitu saja. Bakso udang dalam kuah kaldu dengan sawi memberikan rasa yang saling mengisi. Aroma dan rasa gurih seafood yang bertemu kaldu ayam, dijembatani oleh rasa segar caisim yang menghasilkan keseluruhan cita rasa seimbang dan menjadi sangat lezat dan nikmat. Pasti akan jadi hidangan spesial buat keluarga Bunda.

Sumber

0 Response to "Kuah Caisim Bakso Udang Segar dan Nikmatnya Super Duper Mantap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel