Donat Empuk a la MomyChaa Ekonomis, Mudah, Super Lembut

Donat, siapa yang tak kenal? Penganan hasil adaptasi dari western food ini sudah menjadi camilan rakyat di masyarakat kita. Mulai dari hasil produksi kecil-kecilan usaha rumahan yang dipasarkan dari kampung ke kampung, hingga Donat Empuk a la restoran donat waralaba produk lokal maupun luar negeri pun mudah dijumpai.

Namun tak bisa dipungkiri, ada harga ada kualitas rasa. Tak ayal, karena keinginan untuk berhemat, kini makin beragam pula resep Donat yang bersliweran di jagad maya menarik ke-kepo-an para emak-emak irit untuk uprek di dapur demi bisa menghadirkan sepiring donat lezat kualitas mahal a la restoran donat, dengan budget bahan super ekonomis a-la donat kampung.. bisa nggak?


Tentu bisa dong! Cobain deh resep Donat Empuk a la MomyChaa. MomyChaa adalah panggilan untuk Bunda Icha Irawan, seorang penulis buku resep dimana sudah banyak resepnya yang telah di re-cook oleh banyak orang. Penasaran pengin nyobain juga? Ayook, simak resepnya berikut ini!

Bahan-bahan

  • 500 gr tepung terigu protein tinggi
  • 250 ml air hangat
  • 6 gr / 1 sdt ragi instan
  • 5 sdm gula pasir
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdm susu bubuk
  • 100 gr margarin, cairkan dan dinginkan
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  • Topping: Gula halus, buttercream dengan keju parut dan milk ceres sesuai selera

Cara Membuatnya

  1. Siapkan wadah, masukkan 250 ml air hangat, 5 sdm terigu, ragi dan gula pasir, aduk searah jarum jam perlahan-lahan dengan sendok hingga larut.
  2. Masukkan sisa tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, apabila sudah masuk kira-kira setengah dari ukuran, masukkan telurnya, susu bubuk dan margarin cairnya. Aduk rata lagi dan tambahkan sisa tepungnya sampai adonan tidak lengket lagi.
  3. Uleni adonan sampai kalis elastis. Tutup adonan donat dengan plastik wrap, diamkan hingga mengembang 2x lipat kira-kira 45 menit.
  4. Kempeskan adonan, uleni sebentar lalu bagi adonan @35-40 gram, bentuk bulat, tutup dengan kain bersih dan diamkan lagi hingga mengembang.
  5. Lubangi tengahnya dengan tutup botol atau cetakan donat.
  6. Panaskan minyak, goreng donat dengan api sedang cenderung kecil Cukup balik donat 1x selama menggoreng supaya donat tidak berminyak dan sempurna matangnya; angkat, tiriskan.
  7. Tunggu sampai donat benar-benar dingin jika ingin menambahkan topping. Sajikan.

Ternyata tak sulit untuk membuat Donat Empuk a-la restoran donat di mal-mal kan? Bisa makan donat enak, hemat di kantong pula ya, Bun.. yuk buruan eksekusi resepnya!

Sumber

0 Response to "Donat Empuk a la MomyChaa Ekonomis, Mudah, Super Lembut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel