Chawan Mushi Pilihan Menu Sarapan Selembut Sutra a la Jepang

Suka dengan masakan Jepang, Bun? Atau mau mencoba salah satunya yang bersahabat di lidah kita? Makanan Jepang tak melulu dari ikan kok Bun. Bunda bisa mencoba Chawan Mushi, atau kalau disederhanakan istilahnya itu masakan telur kukus.

Masakan segala musim di Jepang ini cukup sederhana dan bisa Bunda buat sendiri di rumah. tentu dengan bahan yang lebih sederhana ya, Bun. Walau begitu rasanya uenak lho, dijamin lidah orang Indonesia pun bisa nyaman dengan masakan yang satu ini. Masakan ini begitu digemari di Jepang terutama anak-anak oleh karena rasanya yang lezat dengan teksturnya yang silky seperti pudding. Selain itu sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Beda dengan pudding yang manis, Chawan Mushi memiliki rasa gurih ringan perpaduan antara telur dan kaldu ayam. Mungkin masakan ini bisa juga sebagai pengganti cream soup ya, Bun. Sangat cocok untuk menghangatkan tubuh dengan menyantapnya saat hangat. Membuatnya pun sangat mudah cukup mencampur semua bahan dan mengukusnya. Namun begitu ada beberapa langkah pencampuran yang perlu Bunda cermati, dan sebagai panduan Bunda bisa ikuti resepnya berikut ini.


Bahan-bahan

  • 2 butir telur ayam
  • 300 ml air kaldu ayam (bisa pakai air kaldu udang)
  • 1 sdt kecap asin
  • garam (atau kaldu jamur)
  • gula dan lada secukupnya

Cara Membuat

  1. Campur air kaldu dan kecap asin. Aduk rata.
  2. Kocok lepas telur dengan menggunakan sumpit. Kocok perlahan saja, tak perlu sampai berbusa atau bergelembung.
  3. Campur air kaldu ke kocokan telur. Aduk rata, lalu saring.
  4. Tuang ke chawan mushi bowl atau mangkuk tahan panas.
  5. Kukus dengan api sedang selama sekitar 15 menit.
  6. Hias dengan irisan daun seledri atau bisa tambahkan topping sesuai selera .

Sooo.. simpel kan Bun, mau bikin tiap hari juga tak akan merepotkan. Chawan Mushi ini tentunya bisa buat alternatif menu sarapan anak atau seluruh keluarga juga ya, Bun. Yuk buruan eksekusi hidangan a la Jepang yang lezat ini, Bun! Pasti anak-anak akan senang. Selamat mencoba ya, Bun!

Sumber

0 Response to "Chawan Mushi Pilihan Menu Sarapan Selembut Sutra a la Jepang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel