Cake Lapis Tiga Warna Empuk dan Lembutnya Tak Terbantahkan

Bunda dan keluarga suka dengan cake yang super empuk dan bertekstur lembut? Maka pilihan resep kali ini bisa Bunda jadikan agenda untuk coba dipraktekkan di rumah, Cake Lapis Tiga Warna. Cake ini terinspirasi dari cake klasik Lapis Surabaya yang sudah melegenda karena kelezatannya.

Kunci kelezatan cake lapis ini terletak pada penggunaan kuning telur yang banyak, juga penggunaan butter/ mentega seluruhnya tanpa campuran margarine, sehingga mampu menghasilkan tekstur cake yang super lembut dan empuk, jauh dari kata seret. Kue ini sangat spesial dan eksklusif sebagai hantaran di hari spesial. Jika Bunda tertarik untuk membuatnya, berikut resep yang bisa Bunda gunakan sebagai acuan. Yuk, simak resep Cake Lapis Tiga Warna berikut ini!


Bahan-bahan

1 resep untuk 1 loyang cake. Untuk membuat Cake Lapis Tiga Warna, buat 3x resep.

  • 7 butir kuning telur
  • 3 butir putih telur
  • 125 gr gula pasir
  • 1 sdm SKM
  • 60 gr tepung terigu kunci biru/protein rendah
  • 15 gr tepung Maizena
  • 15 gr susu bubuk
  • 1/2 sdt sp / optional (boleh skip asal telur fresh)
  • 1 saset vanili bubuk
  • 100 gr butter, lelehkan

Cara Membuat

  1. Siapkan loyang 24 cm, oles dengan margarin alasi kertas baking.
  2. Kocok telur, gula , SKM dan emulsifier sampai kental dan putih, Masukkan terigu, maizena, vanili bubuk dan susu bubuk yang sudah diayak boleh pakai mixer speed rendah/ spatula hingga adonan rata.
  3. Masukkan butter leleh, aduk rata perlahan dengan teknik aduk balik. Tuang adonan dalam loyang, hentakan 2 – 3 kali, supaya udara yang terperangkap dalam adonan bisa keluar.
  4. Panggang dengan suhu 170oC API ATAS BAWAH, kurang lebih 25 menit / sesuaikan suhu oven masing-masing.
  5. Lakukan 3x resep untuk cake 3 lapis. Beri warna masing-masing cake dengan pewarna makanan sesuai selera.
  6. Biarkan cake dingin, untuk cake yang akan diletakkan di bagian tengah lapisan, jangan lupa untuk mengelupas kulit bagian atas cake, supaya cake mudah menempel dengan cake di atas atau bawahnya. Oles dengan selai strawberry, tumpuk dengan cake lainnya. Masukkan dalam kulkas biarkan set. Potong-potong sesuai selera, sajikan.

Untuk membuat Cake Lapis Tiga Warna ini, prosesnya memang membutuhkan waktu yang lama ya Bunda, jika oven yang tersedia di rumah berkapasitas kecil, sedangkan Bunda harus membuat tiga kali resep. Tapi tak perlu khawatir, Bunda karena hasil tak akan mengkhianati proses, jadi tetap semangat!

Sumber

0 Response to "Cake Lapis Tiga Warna Empuk dan Lembutnya Tak Terbantahkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel