Yuk Sarapan Pakai Roti Canai Khas India Manis, Gurih, Kriuknya Begitu Menggoda

Roti adalah sumber karbohidrat populer di India selain nasi basmati. Orang India menikmati roti sebagai makanan utama dengan aneka pendamping seperti mentega, acar, yogurt hingga kari. Roti India ada banyak jenisnya. Salah satu yang terkenal adalah paratha yang punya sebutan lain Rotì Canai atau maryam. Jenis flatbread ini secara harfiah berarti lapisan adonan matang.

Roti canai atau paratha berbahan dasar tepung dan minyak/lemak/margarin ini memiliki kekhasan, yaitu lapisan-lapisan tepungnya yang tidak menyatu satu sama lain. Rasanya yang sedikit gurih cenderung hambar memerlukan tambahan bahan lain untuk menikmatinya, seperti misalnya kuah kari, madu, atau gula. Apakah Bunda tertarik untuk membuat Roti Cane atau Paratha a la India ini?

Bahan-bahan

  • 135 ml air suhu ruang
  • 2 sdm susu kental manis
  • 3/4 sendok makan minyak goreng
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdm gula pasir
  • 1/2 butir telur
  • 250 gram tepung terigu protein sedang (serba guna)

Bahan tambahan:

  • mentega/margarine cair atau minyak

Pelengkap:

  • kari sayuran atau daging

Cara Membuat

  1. Dalam wadah masukkan 6 bahan pertama, aduk rata (bahan basah)
  2. Dalam wadah lebih besar masukkan tepung. Buat sumur di tengah tepung. Tuangkan bahan basah di tengah tepung, aduk rata. Bisa menggunakan mixer heavy duty, cukup tuangkan tepung terigu dan bahan basah ke dalam mangkuk mixer, aduk dengan speed paling rendah hingga bahan tercampur baik, pindah ke mangkuk
  3. Tutup permukaan mangkuk dengan kain atau plastic wrap. Diamkan adonan selama minimal 20 menit agar adonan menjadi rileks dan mudah diuleni.
  4. Uleni adonan selama 10 menit, kemudian diamkan selama 5 menit, ulangi kegiatan ini beberapa kali hingga adonan menjadi elastis, smooth dan melar dengan baik.
  5. Bagi adonan menjadi 6 bagian, bentuk bulat. Bunda bisa merendam adonan dengan minyak, atau olesi saja permukaan adonan dengan minyak goreng dan letakkan masing-masing bulatan di dalam loyang muffin. Tutup permukaan wadah/loyang muffin berisi adonan dengan plastic wrap atau kain bersih, pastikan udara bebas tidak mengenai permukaan adonan.
  6. Diamkan adonan minimal 8 jam atau selama semalaman di suhu ruang (bukan di dalam kulkas). Ambil sebuah adonan, letakkan di meja dapur. Tekan-tekan adonan dengan telapak tangan, lebarkan, tipiskan selebar dan setipis mungkin.
  7. Olesi permukaan adonan dengan mentega/margarine cair hingga rata, taburi dengan rajangan daun bawang jika suka. Gulung rapat adonan yang sudah ditipiskan, kemudian bentuk menjadi kumparan konde , gilas hingga pipih.
  8. Goreng di penggorengan dengan sedikit minyak hingga permukaannya coklat keemasan.
  9. Biasanya saat akan disajikan roti diremukkan sehingga lapisannya terpisah dan tampak flaky.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Roti Canai mudah didapat ya Bunda, tapi untuk membuatnya kita perlu ketelatenan untuk menipiskan adonannya hingga setipis kertas. Roti Canai alias paratha ini sedap disantap bersama cocolan kuah kari, taburan gula donat atau siraman susu kental manis. Super yummy!

Sumber

0 Response to "Yuk Sarapan Pakai Roti Canai Khas India Manis, Gurih, Kriuknya Begitu Menggoda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel