Yuk, Sarapan Lezat Dengan Hashbrown! Perkedelnya Orang Amerika

Bagi orang Indonesia, makan itu adalah nasi. Meskipun kita telah menyantap sumber karbohidrat selain nasi, namun akan tetap dianggap bahwa kita belum makan, ya Bun. Padahal sebetulnya kita bisa mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lainnya seperti olahan gandum, jagung ataupun kentang. Nah kali ini kami akan mengajak Bunda untuk membuat olahan kentang a la Amerika, Hashbrown.

Di Amerika dan Inggris, sajian ini sangat populer menjadi menu sarapan yang digemari. Biasanya hashbrown disajikan dengan telur mata sapi setengah matang, bacon sliced, sosis, irisan alpukat dan dilengkapi dengan cocolan saus. Sedangkan di Indonesia sendiri, sajian lezat ini diperkenalkan oleh restoran waralaba makanan cepat saji terbesar di dunia asal Amerika, McDonald's atau kita biasa menyebutnya McD (baca: Mekdi).


Secara sekilas, hasbrown mirip dengan perkedel kentang yang kita kenal. Namun keduanya berbeda dalam cara mengolahnya, jika perkedel menggunakan kentang yang ditumbuk, maka hashbrown menggunakan kentang yang dipotong kecil-kecil atau dicincang atau diparut kasar (ukuran parutan lebih besar dari parutan keju). Jika Bunda tertarik ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut resep Hashbrown pilihan kami, yuk tengok Bun!

Bahan-bahan

Untuk menghasilkan: 8 buah

  • 500 gr kentang (berat setelah dikupas)
  • 1 sdm tepung beras
  • 2 sdm susu bubuk 
  • 3 sdm tepung maizena 
  • 1 sdt garam (sesuai selera)
  • 1 sdt kaldu jamur (sesuai selera)
  • 1/4 sdt lada bubuk (sesuai selera)
  • 2 siung bawang putih haluskan

Cara Membuat

  1. Rebus kentang sampai empuk saja, jangan sampai terlalu lembek. Iris kecil-kecil.
  2. Tambahkan tepung beras, susu bubuk, tepung maizena, garam, kaldu jamur, lada bubuk, dan bawang putih halus. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk sesuai gambar, ketebalan kurang lebih 0,5 cm.
  4. Simpan adonan yang sudah dibentuk ke dalam kulkas, agar kokoh (kurang lebih 30 - 60 menit).
  5. Goreng dengan api sedang hingga kuning keemasan. (Pastikan minyak sudah betul-betul panas saat memasukkan adonan, supaya tidak terlalu banyak menyerap minyak)
  6. Nikmati selagi hangat.

Bagaimana Bunda, tanpa harus jauh-jauh ke luar negeri atau mahal-mahal membelinya di restoran, ternyata Bunda bisa membuat Hashbrown yang lezat. Sajikan hangat menjadi menu sarapan atau makan siang yang simpel namun rasanya bikin puas.. maantaap!!

Sumber

0 Response to "Yuk, Sarapan Lezat Dengan Hashbrown! Perkedelnya Orang Amerika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel