Yuk Bikin Sendiri: Selai Coklat Homemade Lebih Hemat Tapi Rasanya Nyoklat Banget!

Sering menghidangkan roti tawar bersemirkan selai coklat? Hmmm.. siapa sih yang tak suka coklat?! Hampir sebagian besar dari kita doyan banget dengan kelezatannya, dari anak-anak hingga orang tua. Coklat memiliki rasa yang enak, lezat, manis, dan gurih saat dirasakan oleh lidah. Biasanya anak-anak suka sekali makan roti, es krim atau kue-kue yang dilapisi dan diisi dengan selai atau pasta coklat. Hanya sayang harganya cukup mahal ya Bun?! Nah bagaimana bila kita membuat sendiri Selai Coklat Homemade? Mudah lho dan bisa menghemat pengeluaran belanja. Kadar gulanya pun bisa diatur sesuai selera Bunda dan keluarga. Dan yang terpenting tidak menggunakan pemanis buatan.

Selai sendiri adalah toping atau bahan makanan olesan tambahan yang cocok dijadikan pelengkap makanan yang rasanya manis ataupun gurih seperti roti, pancake, dan sebagainya. Dan selai coklat adalah jenis selai yang paling banyak dan sering kita jumpai di pasaran. Apalagi anak-anak memang lebih menyukai selai coklat daripada selai kacang atau strawberry. Nah, berikut ini resep Selai Coklat Homemade yang bisa Bunda coba praktekkan di rumah;


Bahan-bahan

  • 3 sdm tepung terigu
  • 3 sdm coklat bubuk (van houten)
  • 7 sdm gula pasir
  • 1 saset SKM coklat
  • 250 ml air/ susu cair
  • 1/2 sdt pasta vanilla
  • 1/2 sdm margarin

Cara Membuat

1. Siapkan panci, campur semua bahan di atas kecuali margarin. Aduk-aduk dengan whisk sampai tidak bergerindil.

2. Letakkan di atas kompor, nyalakan api kecil, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup. Masukkan margarin aduk hingga leleh. Matikan api.

3. Angkat dan dinginkan. Masukkan dalam wadah kaca kedap udara, dan selai siap digunakan.

Bagaimana Bunda, setelah membaca resep di atas, tak sulit kan untuk membuat Selai Coklat Homemade di rumah? Usahakan untuk memilih bahan kualitas terbaik, terutama bahan cokelatnya ya Bunda! Jika Bunda menggunakan cokelat batang dengan kualitas biasa, maka rasa, aroma, dan tekstur selai cokelat Bunda akan kurang bagus. Gunakan DCC (Dark Chocolate Compound) yang khusus digunakan untuk memasak, dan bukan coklat batang yang siap konsumsi.

 

Selamat mencoba ya, semoga sang buah hati menyukainya!

Sumber

0 Response to "Yuk Bikin Sendiri: Selai Coklat Homemade Lebih Hemat Tapi Rasanya Nyoklat Banget!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel