Tumis Teri Serai, Tak Kuasa Menolak Aromanya yang Menggoda

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan olahan ikan teri yang ditumis dengan irisan cabai yang pedas nendang, baru mencium aromanya yang menguat saat dimasak saja sudah bikin perut auto-lapar dan bersiap-siap segera mengambil sepiring nasi putih hangat, ya Bun! Tak sekedar enak dan gurih, ikan laut pemakan plankton berberukuran mini 1-5 cm ini juga kaya nutrisi. Ada salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi ikan teri yaitu kandungan kadar kalsium yang tinggi, dimana kalsium sangat dibutuhkan untuk mencegah tulang keropos.

Jenis ikan teri pun beragam yang bisa kita temui di pasaran ya, Bunda. Ada Ikan Teri Nasi atau Teri Medan berukuran kecil sekitar 1 cm, ukuran diatasnya sekitar 2 cm dan bengkok dipanggil dengan Teri Nasi atau Medan Tauge, dan Teri Jengki dengan ukuran lebih besar 3-5 cm dengan tampilan garis perak pada tengah tubuhnya.


Nah kali ini kami akan mengajak Bunda untuk mengolah ikan teri jengki menjadi sajian lezat, Tumis Teri Serai. Untuk membuatnya tak sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Ikan teri jengki adalah salah satu jenis ikan asin yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya murah rasanya juga enak. Ikan ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa, pokoknya mantap deh. Yuk, capcus simak resep nya berikut ini!

Bahan-bahan

  • 250 gram teri jengki, goreng hingga renyah
  • 6 butir bawang merah, iris
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 5 buah cabai merah keriting, iris
  • 5 buah cabai hijau keriting, iris
  • 2 batang serai, iris halus
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Gula pasir
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.

2. Masukkan cabai merah dan cabai hijau, aduk rata, masak hingga cabai layu


3. Masukkan teri, bumbui dengan garam dan gula pasir. Aduk rata

4. Masukkan serai, masak hingga harum

5. Angkat dan sajikan

Citarasa Tumis Teri Serai yang pedas mampu menggoyang lidah saat berpadu dengan kerenyahan Ikan Teri Jengki goreng kering. Walau racikan bumbu yang digunakan minimalis, namun tetap mampu menghadirkan citarasa cetar, pedas bikin nagih! Apalagi aroma wangi dari serai yang semakin membangkitkan selera makan.. hhmm.. endeeess!

Sumber

0 Response to "Tumis Teri Serai, Tak Kuasa Menolak Aromanya yang Menggoda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel