Taiwan Crispy Chiken a.k.a Ayam Shihlin Bukan Ayam Goreng Tepung Biasa

Berbagai olahan ayam memang membuat produk sumber protein hewani yang satu ini tak pernah sepi penggemar. Selama ini “fried chicken" telah menjadi makanan populer dan juga merakyat, dan tentunya Bunda telah sering menyantapnya. Sekarang ada lagi jenis ayam crispy baru a la Taiwan yang sedang digandrungi banyak orang. Taiwan Crispy Chicken atau dikenal juga Ayam Shihlin ini adalah ayam goreng tepung yang dipotong dengan ukuran kecil dan diberi bumbu penyedap, sebuah jajanan kaki lima khas Taiwan. Dengan kulit luar yang garing dan daging ayam empuk nan lembut, serta taburan bumbu bubuk beraneka rasa, tak heran bila banyak orang yang rela mengantri panjang hanya untuk menikmatinya.

Untuk menyajikan Ayam Shihlin, sebaiknya Bunda pilih daging fillet bagian dada, karena bagian ini memiliki daging yang minim lemak dan tekstur daging yang lembut. Jika Bunda kesulitan untuk memisahkan daging dan tulangnya, tak perlu khawatir karena sekarang Bunda bisa membelinya di supermarket, atau jika membelinya di pasar, Bunda bisa meminta bantuan penjualnya. So.. tertarik mencoba? Bunda bisa membuat hidangan ini dengan resep berikut ini, yuk dicatat ya..


Bahan-bahan

  • 2 potong dada ayam tanpa tulang
  • 1 sdm garlic powder
  • 1 sdm tepung susu
  • Garam, lada bubuk 

Secukupnya:

  • Tepung Taiwan crispy 
  • Bumbu tabur Barbeque

Adonan basah :

  • 1 Putih Telur (kocok lepas)
  • 1 sdm tepung maizena
  • 3 sdm tepung serbaguna

Cara Membuat

  1. Cuci bersih daging ayam, tiriskan lalu fillet menjadi 3 bagian, tusuk-tusuk dengan garpu.
  2. Campur daging ayam dengan garlic powder, secukupnya garam dan lada bubuk dan tambahkan tepung susu. Aduk rata dan marinasi selama kurang lebih 30 menit
  3. Aduk rata dengan secukupnya air sampai mengental.
  4. Panaskan minyak goreng agak banyak.
  5. Lumuri merata daging ayam dengan adonan basah, lalu taburi merata dengan tepung Taiwan
  6. Goreng sampai matang dengan api sedang, tiriskan, potong-potong lalu taburi dengan bumbu tabur barbeque. Sajikan.

Sajian Taiwan Crispy Chickenmemiliki rasa gurih yang menggoda selera. Meski memiliki rasa kulit luar yang renyah, namun rasa daging di dalamnya terasa lembut dan juicy. Tak cukup disitu, setelah selesai digoreng, potong-potong menjadi potongan sekali santap, lalu taburi dengan bumbu tabur favorit. Wow… enaknya kebangetan! Dan mulai sekarang tak perlu jauh-jauh atau mahal-mahal beli Ayam Shinlin di mal kan, Bun? Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Taiwan Crispy Chiken a.k.a Ayam Shihlin Bukan Ayam Goreng Tepung Biasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel