Tahu Walik Banyuwangi Tahu Isi Unik, Kriuknya Bikin Nagih!

Hai Bunda.. pernah berkunjung ke Banyuwangi? Atau bagi Bunda yang hidup di Banyuwangi, Jawa Timur, tentu sudah tak asing lagi dengan gorengan tahu isi goreng  Tahu Walik Banyuwangi yang super crispy dan lezat karena di dalamnya ditambahkan isian adonan daging ayam giling, tepung dan ditambahkan bumbu. Keunikan sajian ini berbeda dengan tahu isi lainnya, yaitu setelah daging tahu dikeluarkan, kulit tahu kemudian dibalik (bahasa Jawa = walik), bagian dalam menjadi bagian luar, ditambahkan isian, lalu digoreng garing.

Cara membuat tahu crispy walik Banyuwangi ini juga tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan bahan yang banyak. Sehingga sangat praktis untuk Bunda buat sendiri di rumah. Walaupun sama-sama bahan dasarnya, tetapi tahu walik ini terasa lebih renyah dan crispy dibandingan dengan cemilan olahan tahu lainnya. Ternyata kunci dan rahasianya karena kulit luarnya yang dibalik menjadi di dalam tersebut.

Nah, apakah Bunda tertarik mencoba membuat Tahu Walik Banyuwangi sendiri di rumah? Yuk, Bunda bisa catat resep pilihan kami kali ini..


Bahan-bahan

  • 300 gr ayam giling 
  • 20 tahu coklat (segitiga)
  • 3 sdm tepung tapioka 
  • 2 sdm tepung terigu
  • 3 siung bawang putih cincang, goreng 
  • gula, garam, lada bubuk 
  • kaldu jamur 
  • 100 mL air es

Cara Membuat

  1. Pencet tahu, belah sedikit, keluarkan isiannya (tahu basah). Balik tahu (bagian warna coklat di dalam, warna putih di luar).
  2. Campur jadi satu isian tahu dengan ayam, tapioka, terigu, bawang putih, gula, garam, lada bubuk, kaldu jamur dan air dingin. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Isikan bahan isian ke dalam tahu, lakukan hingga habis.
  4. Goreng dengan api kecil sampai kecoklatan dan garing.
  5. Nikmati dengan saos sambal, cabe rawit atau petis.

Sajikan Tahu Walik Banyuwangi ini dengan petis ikan yang gurih atau saos sambal dan cabe rawit hijau yang pedas. Hidangkan saat berkumpul bareng keluarga di sore hari.. kriuk.. kriuukk.. wuenake!!

Sumber

0 Response to "Tahu Walik Banyuwangi Tahu Isi Unik, Kriuknya Bikin Nagih!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel