Siapa Bilang Bikin Kue Lidah Kucing Sulit? Ikuti Resep dan Tips Anti-Gagal Ini

Kue Lidah Kucing, siapa yang tak kenal. Namun ada juga yang menyebutnya “katetong” untuk kue kering yang memiliki rasa ringan, renyah dan manis-gurih yang bikin nagih ini. Itu karena memang nama asli si Lidah Kucing ini dalam bahasa Belanda adalah “Katte Tong". Kenapa bahasa Belanda, ya karena kue kering yang berbentuk seperti lidah kucing ini berasal dari Belanda. Kue ini masuk ke Indonesia dari Belanda seiring dengan kolonialisasi Belanda.

Wah, artinya kue kering andalan yang hampir selalu ada di atas meja tamu saat perayaan hari-hari besar keagamaan ini sudah ada sejak jaman kakek-nenek kita ya, Bun! Nah, berikut resep Kue Lidah Kucing pilihan kami yang bisa Bunda catat, dan jadikan agenda baking mengisi waktu luang Bunda, check it out!


Bahan-bahan

  • 150 gr margarin dan butter 
  • 90 gr gula halus 
  • 1 butir telur utuh ukuran besar atau 60-70 gr putih telur (kurang lebih dari 2 butir telur) 
  • 120 gr tepung terigu 
  • 30 gr maizena 
  • 1 sdm susu bubuk 
  • 1/4 sdt vanili

Cara Membuat

  1. Ayak terigu, maizena, susu dan vanili. Sisihkan.
  2. Kocok  mentega dan gula halus sampai pucat dan lembut.
  3. Masukan telur, kocok rata.
  4. Masukan bahan kering, kocok rata dengan speed rendah. Matikan mixer. 
  5. Masukan adonan ke dalam plastik segitiga. Gunting ujungnya lalu semprotkan di atas loyang yang telah dioles margarin. 
  6. Panggang sampai matang (gunakan api kecil, bagian dalam dasar  oven dialas loyang bekas supaya kue tidak cepat gosong)

Bahan-bahan yang dibutuhkan tak sulit bukan untuk membuat Kue Lidah Kucing ini sendiri di rumah? Banyak orang yang sering gagal membuat kue kering ini, karena memang untuk kue kering ini memerlukan perlakuan yang berbeda dengan kue kering pada umumnya. Supaya hasilnya sempurna dan memuaskan, Bunda sebaiknya perhatikan tips membuat kue Lidah Kucing berikut ini;


  1. Pastikan tidak ada kuning telur yang masuk ke dalam adonan

Kuning telur harus benar-benar dipisahkan dan jangan sampai masuk ke adonan, ya. Karena kuning telur membuat nantinya kue lidah kucing tidak bisa mengembang.

  1. Kocok margarine/butter hingga berwarna putih dan kaku

Mentega yang dikocok dengan mixer harus sampai berwarna putih dan kaku. Dengan hasil kocokan mentega yang sempurna, bentuk kue lidah kucing nantinya juga akan bagus. 

  1. Gunakan loyang aluminium

Gunakan loyang yang berbahan aluminium yang tebal dan berkualitas. Olesi loyang dengan margarin tawar tipis-tipis supaya kue lidah kucing nanti bisa mudah dilepaskan saat matang. 

  1. Panggang dengan api kecil

Bentuknya yang tipis membuat kue lidah kucing rentan cepat gosong atau hangus saat dipanggang. Oleh karena itu, gunakan api kecil saja saat memanggangnya bila menggunakan oven kompor. 

  1. Angkat kue setelah uap panas hilang, tapi bukan dingin

Setelah kue lidah kucing matang, sebaiknya tunggu beberapa menit terlebih dahulu sampai uap panasnya hilang. Tak harus menunggu sampai benar-benar dingin, karena kalau kelewat dingin malah sulit diangkat dari loyang. 

  1. Masukkan ke dalam wadah kedap udara saat kue masih hangat

Setelah Bunda mengeluarkan lidah kucing dari oven, segera simpan lidah kucing di dalam toples atau wadah yang tertutup rapat. Jika didinginkan di luar, lidah kucing akan menyerap kelembapan udara di sekitarnya, sehingga akan mudah lembek (melempem).

Sumber

0 Response to "Siapa Bilang Bikin Kue Lidah Kucing Sulit? Ikuti Resep dan Tips Anti-Gagal Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel