Sambal Kacang Siomay dan Batagor, Gurih Bikin Nagih

Suka beli siomay atau batagor, Bunda? Jajanan khas Bandung ini memang sangat mantap disantap sebagai pengganjal perut. Hidangan ini merupakan hasil kolaborasi antara makanan Cina dan Indonesia. Jika siomay asli Cina dimakan menggunakan saus asam manis, maka Indonesia juga memiliki siomay versinya sendiri. Dan yang paling terkenal adalah siomay Bandung yang dimakan dengan Sambal Kacang Siomay dan Batagor.

Meskipun sama-sama sambal kacang, namun sambal kacang untuk siomay sedikit berbeda dengan sambal kacang untuk pecel. Jika pada sambal pecel kita menggunakan kencur dan daun jeruk, maka kedua bahan tersebut tidak akan kita jumpai pada sambal kacang untuk siomay. Cara pengolahannya pun berbeda, karena sambal kacang untuk siomay dan batagor bumbunya harus ditumis dahulu, dan sambal kacang dimasak sampai minyak dari kacang keluar.

Lalu seperti apa sih resep Sambal Kacang Siomay dan Batagor yang lezat dan bikin nagih? Jika siomay dan batagor buatan sendiri sudah siap, sekarang saatnya Bunda meracik bumbu sambal kacangnya. Check it out!

Bahan-bahan

  • 100 gr kacang tanah, goreng
  • 3 cabai merah keriting, goreng sebentar
  • 1 siung bawang putih, goreng sebentar
  • 5 sdm minyak goreng
  • 30-50 gr gula jawa (sesuaikan selera)
  • 1 sdm air asam jawa
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya cabai rawit (jika mau pedas)
  • Secukupnya air

Cara Membuat

1. Siapkan chopper atau blender. Blender kacang, cabe, bawang putih, minyak dan air (sedikit aja) sampai halus.

2. Siapkan wajan. Tuang kacang yang telah dihaluskan, masak dengan api sangat kecil sampai minyak keluar.

3. Warnanya mulai agak gelap dan minyak yang keluar cuma sedikit (sudah boleh ditambah air)

4. Tuang air (sesuaikan selera tingkat kekentalannya), masukkan air asam, gula dan garam. Masak sampai minyak keluar dan bumbu kacang kental sesuai keinginan.

Waah.. tidak sulit kan untuk membuat Sambal Kacang Siomay dan Batagor sendiri di rumah. Bunda hanya perlu untuk bersabar saat memasak sambal kacangnya hingga mengeluarkan minyak, karena minyak dari kacang ini lah kunci kelezatan sambal kacang siomay. Gunakan api kecil, dan sesekali diaduk supaya sambal kacang tidak berkerak dan gosong di bagian bawah wajan, ya.

Sudah siap mencoba? Semoga sukses ya Bunda!

Sumber

0 Response to "Sambal Kacang Siomay dan Batagor, Gurih Bikin Nagih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel