Sambal Ijo Padang Bikin Makan Makin Lahap!

Hai Bunda, suka dengan masakan khas Padang kah? Masakan khas Padang memang terkenal lezat ya Bunda, dengan bumbu kental dari santan kelapa dan bumbu yang kaya rempah-rempah asli Indonesia serta dominasi cabai yang pedas membuat kita selalu lahap saat menyantapnya. Dan diantara masakan-masakan menu utamanya, ada hidangan pelengkap yang wajib selalu ada, yaitu Sambal Ijo Padang. Sajian sambal cabe hijau dengan cara ditumbuk kasar tentunya sering dijumpai di rumah makan asli masakan Padang ya, Bunda.

Penggunaan cabai hijau dan tomat hijau sebagai bahan utamanya, dapat memberikan kreasi sambal dengan citarasa enak dan segar. Jika Bunda tertarik mencoba membuatnya sendiri di rumah dan suka dengan sambal yang nendang pedasnya, maka Bunda bisa menaikkan tingkat kepedasannya dengan menggunakan cabai rawit hijau, karena biasanya sambal ijo padang memiliki khas rasa yang tidak terlalu pedas yang disebabkan karena hanya menggunakan cabai hijau saja.

Nah berikut resep Sambal Ijo Padang yang bisa Bunda praktekkan di rumah.

Bahan-bahan

  • 100 gr cabe ijo
  • 100 gr tomat hijau
  • 25 buah cabai rawit
  • 7 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar daun jeruk

Cara Membuat

1. Siapkan bahan cuci bersih lalu rebus hingga matang.

2. Setelah matang angkat tambahkan gula dan garam secukupnya lalu ulek kasar

3. Tumis cabai yang sudah diulek, tambahkan daun jeruk, tumis hingga matang

Jika Bunda sudah memasak rendang daging khas Padang, maka buruan deh eksekusi Sambal Ijo Padang ni ya, lengkapi juga dengan rebusan daun singkong.. mantaap!!

Bunda bisa mengkreasikan Sambal Ijo Padang yang dicampur dengan ikan teri jengki, teri medan, teri palembang, udang, dan juga dengan pete dan potongan jengkol sehingga lebih istimewa dan mempengaruhi rasa menjadi lebih mantap dan mak nyus dan akhirnya makan bertambah lahap tidak terasa tigo kali tambuah nasi. Tambuah ciek, Bun!!

Sumber

0 Response to "Sambal Ijo Padang Bikin Makan Makin Lahap!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel