Sagu Keju Eggless, Gurih-Ngeprul Camilan Pecinta Keju

Kue kering Sagu Keju Eggless adalah pilihan resep kami kali ini. Seperti namanya, kue kering ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Kue kering sagu keju merupakan jenis kue kering yang banyak digemari. Rasa khas tepung sagu dipadukan dengan gurihnya keju menciptakan aroma yang sedap dan nikmat. Teksturnya yang kering dan lumer di mulut membuat siapa saja tidak cukup melahap satu kue kering sagu keju.

Jika Bunda tertarik membuatnya sendiri di rumah, salah satu tipsnya adalah sebaiknya pastikan tepung yang Bunda gunakan adalah benar-benar tepung sagu dan bukan tepung tapioka. Karena banyak produk di pasaran yang menggunakan nama “Tepung Sagu Tani", sehingga banyak orang yang menganggap bahwa merk tersebut adalah asli tepung Sagu, padahal sebenarnya tepung dengan merk tersebut adalah tepung tapioka atau kanji dengan kualitas grade 1 atau kualitas baik.

Dan masih ada beberapa tips lainnya yang sebaiknya Bunda ikuti untuk menghasilkan Sagu Keju Eggless yang sempurna. Apa itu, temukan di bawah setelah Bunda simak terlebih dahulu resep dan cara membuatnya berikut ini. Yuk!


Bahan-bahan

  • 250 gr campuran butter dan margarin 
  • 120 gr gula halus 
  • 90 ml santan kental
  • 450 gr tepung sagu, sangrai dengan api kecil sampai terasa ringan (5-7 menitan). Biarkan dingin
  • 2 sdm susu bubuk 
  • 1/2 sdt vanili
  • 150 gr keju parut untuk dicampur di adonan 
  • Secukupnya keju parut untuk taburan

Cara Membuat

  1. Kocok margarin, butter dan gula asal  tercampur rata saja. 
  2. Masukan santan, kocok asal rata. Matikan mixer.
  3. Masukan tepung sagu, susu bubuk, keju parut dan vanili. Aduk asal tercampur rata dengan sendok kayu atau ujung jari. 
  4. Bentuk dengan spuit sesuai selera.
  5. Taburi keju parut.
  6. Panggang dengan api sedang cenderung kecil  sampai matang

Kres.. kreess.. nikmatnya ngemil kue kering Sagu Keju Eggless sambil ditemani teh, kopi, atau susu hangat.. satu gigitan tak kan pernah cukup untuk menikmati kelezatan kue kering ini. Meski tanpa menggunakan telur, kue kering sagu ini tetap lembut, renyah dan ngeprul.


Nah.. berikut tips lainnya yang Bunda perlu perhatikan jika ingin mencoba membuat sendiri Sagu Keju Eggless di rumah;

  • Sangrai terlebih dahulu tepung sagu bersama daun pandan agar hasil kue menjadi lebih awet dan aromanya lebih wangi. Meskipun agak lama, pastikan tepung sagu benar-benar sudah dingin sebelum diolah karena hal ini akan mempengaruhi adonan lainnya saat dicampur nanti.
  • Gunakan keju edam (keju tua) atau keju cheddar. Perbedaannya adalah jika Bunda menggunakan keju edam, maka kue sagu keju yang dihasilkan akan memiliki rasa dan aroma keju yang lebih nampol. Kembali ke selera dan budget ya Bun, karena dengan berat takaran yang sama, harga keju edam jauh lebih mahal dibandingkan keju cheddar.
  • Selain itu, kombinasi antara mentega dan margarine pada resep ini akan menghasilkan cita rasa kue kering sagu keju yang lebih lezat.

Nah, itulah beberapa tips dalam membuat kue kering Sagu Keju Eggless yang perlu diperhatikan supaya menghasilkan rasa yang perfecto lezatnya. Selamat mencoba ya Bunda!

Sumber

0 Response to "Sagu Keju Eggless, Gurih-Ngeprul Camilan Pecinta Keju"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel