Roti Sobek Tanpa Ulen Awet Lembut Hingga Tiga Hari, Buktikan!

Bagi para penikmat roti manis yang juga gemar baking tentu akan sangat merasa bangga dan puas jika mampu menghasilkan roti manis yang lezat. Kata “lezat” yang disandangkan pada roti manis tak hanya dari rasa, namun juga tingkat keempukkan roti, awet lembut, dan serat-serat roti yang panjang saat disobek. Dan untuk bisa mendapatkan hasil yang sempurna, kita pun harus melalui proses pembuatan roti yang mungkin bagi seorang awam atau pemula di dunia per-baking-an cukup bisa membuat keder. Proses mengulen yang bikin tangan gempor pun langsung terbayang karena belum memiliki mixer yang mumpuni.

Eiitss.. tapi mulai sekarang buang-buang jauh deh kekhawatiran Bunda akan tangan yang akan sangat pegal saat ingin membuat roti manis yang lezat a la toko bakery langganan Bunda, karena kami akan sajikan resep sakti membuat Roti Sobek Tanpa Ulen. Pengin tahu seperti apa resepnya, yuk cuss intip catatannya berikut ini!

Bahan-bahan

  • 400 gr tepung terigu protein tinggi 
  • 120 gr gula pasir butir kecil 
  • 2 butir kuning telur 
  • 150 ml susu cair full cream/ air
  • 1 sdm whipping cream bubuk / susu bubuk 
  • 8 gr ragi instan 
  • 100 gr butter 
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat

  1. Campur bahan kering jadi satu, seperti tepung, gula, whipped cream bubuk, dan ragi instan. Aduk hingga rata.
  2. Campur kuning telur dengan susu cair, aduk rata.
  3. Tambahkan sedikit demi sedikit campuran telur dan susu ke dalam bahan kering, sambil diaduk. Aduk ringan hingga tercampur rata.
  4. Diamkan dan tutup plastic wrap adonan selama 1-2 jam atau sampai gula bereaksi alami dengan ragi (saat di pegang tidak ada gula yang bergerindil).
  5. Tambahkan butter dan garam, aduk rata hingga semua bahan tercampur rata. 
  6. Tutup adonan dengan plastic wrap, diamkan hingga mengembang 2 kali lipat.
  7. Taburi bagian atas adonan dengan tepung, kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bagian.
  8. Isi dengan coklat pasta dan keju parut. Bulatkan kembali, tutup rapat agar saat dipanggang isian tidak bocor keluar.
  9. Tata di atas loyang yang beralaskan baking paper, oles dengan susu cair full cream, beri topping sesuai isian di dalamnya.
  10. Masukkan adonan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan api sedang selama kurang lebih 10 menit. Panggang adonan hingga bagian atasnya kecoklatan.
  11. Setelah keluar dari oven, oles permukaan roti dengan butter atau margarin.

Meski tanpa ulen, ternyata Roti Sobek Tanpa Ulen ini, menurut pemilik akun Instagram @umi_babyraj yang sudah mencoba re-bake resep ini, kelembutan roti sobeknya ini bisa bertahan hingga tiga hari lamanya lho, Bunda!! Ajaib dan menarik untuk dicoba kan? Yaaa.. kecuali roti manisnya sudah habis duluan diserbu si Ayah dan anak-anak tak lama setelah keluar dari oven... So.. tak perlu khawatir tangan gempor lagi deh untuk bisa menyajikan roti manis hasil tangan sendiri untuk keluarga tercinta.. asiiik!

Sumber

0 Response to "Roti Sobek Tanpa Ulen Awet Lembut Hingga Tiga Hari, Buktikan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel