Roti Keju Lembut Cukup Sekali Ulen Metoda Killer Soft Bread

Anak-anak di rumah sering minta dibelikan Roti Keju Lembut di toko bakery langganan? Sebetulnya bisa banget membuatnya sendiri di rumah ya Bunda, tapi ada dua proses yang kadang membuat kita maju mundur cantik. Yaitu proses mengulen dan menunggu proses proofing. Bagi Bunda yang sudah memiliki heavy duty mixer, atau food processor atau minimal hand mixer tentu sudah bukan masalah. Tapi bagi yang belum memilikinya, baru ngebayanginnya saja sudah pegel duluan deh ini tangan. Tapi boleh juga sih, kan biar bisa alesan minta dipijitin si Ayah ya, Bun.. uhuuuy!

Lanjut menunggu waktu proofing yang menurut teori per-baking-an sebaiknya melalui dua kali proses proofing supaya menghasilkan roti dengan tekstur empuk, lembut dan elastis (saat roti ditekan, akan kembali ke bentuk semula). Dimana setelah adonan kalis elastis, adonan didiamkan hingga kurang lebih 30 menit hingga 1 jam atau sampai adonan mengembang 2 kali lipat (proofing ke-1). Lalu adonan roti mulai dibentuk atau diberi isian, dan didiamkan lagi hingga mengembang selama 15 menit (proofing ke-2). Baru deh adonan bisa dipanggang. Well.. meski saat proofing kita hanya menunggu dan bisa melakukan hal lain, tapi seringnya.. penyakit emak-emak nih (ups..hehehe..), kalau sudah sambil ngerjain yang lain suka kelupaan tuh sama adonan yang lagi proofing, ya jadinya over-proofing, begitu selesai dioven rotinya pada keriput semua jadi ngga cantik deh.. duh!


Nah kali ini Bunda tak perlu lagi khawatir lagi untuk berlama-lama menunggui proses dua kali proofing, dengan metoda KSB atau Killer Soft Bread Bunda cukup melakukan sekali proofing namun hasilnya bakalan empuk, lembut dan elastis serta memiliki serat-serat yang panjang (ciri-ciri roti yang berhasil). KSB hanya perlu sekali proofing sebelum dimasukkan dalam oven, yang artinya setelah diuleni hingga kalis elastis, adonan roti bisa langsung ditata di atas loyang dan dipanggang di dalam oven panas. Hebat, ya? Jadi penasaran dong bagaimana resepnya. Yuk simak resep Roti Keju Lembut milik akun Instagram @aniktriwina yang menggunakan metoda Killer Soft Bread a la Victoria Bakes (food blogger dari Singapura). Check it out!

Bahan-bahan

  • 200 gr tepung protein tinggi
  • 50 gr tepung protein sedang
  • 15 gr gula pasir
  • 5 gr ragi instan
  • 1 butir telur + susu cair = 155 ml -160 ml
  • 30 gr butter
  • 5 gr garam

Pelengkap

  • 2 sdm wijen putih
  • Segenggam kismis potong kecil-kecil
  • 30 gr keju cheddar potong kotak kecil-kecil

Cara Membuat

1. Campur tepung, gula dan ragi instan tuang perlahan bahan cair ulen dengan tangan hingga menyatu dan setengah kalis

2. Tambahkan butter dan garam ulen hingga rata lalu lanjutkan dengan hand mixer hingga kalis

3. Tambahkan kismis dan wijen putih ulen hingga merata

4. Bagi menjadi 15 buah atau per 32 gr, ambil 1 pipihkan taruh beberapa potong keju lalu bulatkan dan tata di loyang datar lakukan hingga selesei

5. Diamkan hingga mengembang 3x lipat

6. Oles dengan susu cair dan taburi wijen putih

7. Panaskan oven suhu 170°C panggang selama 18 menit jangan terlalu lama supaya tekstur roti tidak menjadi kering

8. Setelah keluar dari oven segera oles dengan butter

9. Simpan dalam wadah tertutup segera setelah dingin.

Voila.. Roti Keju Lembut siap disajikan! Jika Bunda sudah eksekusi resep di atas, Bunda pasti bakal puas banget karena meski hanya sekali proofing, ternyata Bunda bisa menghasilkan roti yang empuk, lembut, elastis, juga memiliki serat-serat panjang saat roti disobek. Sajikan saat bersantai sambil menikmati teh atau susu hangat.. hhhmm.. yummeeeh!!

Sumber

0 Response to "Roti Keju Lembut Cukup Sekali Ulen Metoda Killer Soft Bread"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel