Resep Simpel Kue Kering Semprit Susu Renyah, Ngeprul, Lumer di Mulut

Hai Bunda.. sudah mendekati akhir pekan nih, waktunya bersantai berkumpul bersama keluarga, menonton film keluarga favorit mungkin, atau membaca buku bersama anak-anak? Hmmm.. rasanya akan Lebih asik jika ditemani dengan camilan ya, Bun. Jika bosan dengan camilan gurih, kita bikin camilan manis Semprit Susu Renyah, yuk!

Kue semprit adalah salah satu kue kering populer dan biasa hadir di meja tamu sebagai camilan saat hari raya agama ya, Bun. Kue ini dibentuk dengan cetakan tekan atau spuit berbentuk bintang sehingga menjadi kue cantik bertekstur renyah yang berasa manis dan gurih namun lumer ketika masuk ke dalam mulut.


Kue kering ini biasa disebut juga biskuit dahlia di Malaysia, mungkin karena bentuknya yang dicetak dengan spuit mirip dengan bunga ya, Bun? Semprit berbahan dasar tepung terigu, susu, dan tepung maizena ini bisa dikombinasikan dengan keju, cokelat atau essens strawberry atau perasa lainnya. Kelemahan dari kue kering ini adalah jika salah dalam cara membuat atau salah dalam pemilihan bahan, maka kue semprit yang dihasilkan akan keras dan hanya berasa seperti tepung kering yang dipanggang, atau adonan akan meleleh (melebar atau mbleber) sehingga tampilannya tak lagi berbentuk cantik.

Nah, jika Bunda menyukai kue kering Semprit Susu ini dan ingin membuatnya sendiri di rumah, Bunda bisa pakai resep Semprit Susu Renyah anti-gagal berikut ini. Dicatat yuk resepnya, Bunda..

Bahan-bahan

  • 75 gr krimer kental manis (2 sachet)
  • 110 gr margarin+butter
  • Sejumput garam (opsional)
  • 150 gr maizena
  • 25 gr tepung terigu protein rendah

Cara Membuat

  1. Kocok krimer kental manis dan margarin sampai tercampur rata. 
  2. Masukkan tepung maizena dan terigu. Aduk rata dengan sendok kayu atau spatula. 
  3. Masukkan adonan ke dalam piping bag, semprotkan di atas loyang dengan spuit sesuai selera. 
  4. Panggang dengan api sedang sampai matang.

Simpan kue kering Semprit Susu Renyah saat sudah benar-benar dingin ke dalam wadah kedap udara. Sajikan saat bersantai bareng keluarga, atau jika Bunda merencanakan kue kering ini sebagai bingkisan buah tangan, maka tempatkan pada wadah yang bertutup, tambahkan silica gel, dan tutup rapat. Lapisi dengan isolasi di sekeliling tutup toples untuk menahan udara dari luar masuk ke dalam toples yang bisa membuat Semprit Susu ini tak renyah lagi. Oke? J

Selamat mencoba, Bunda! Semoga sukses! 

Sumber

0 Response to "Resep Simpel Kue Kering Semprit Susu Renyah, Ngeprul, Lumer di Mulut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel