Resep dan Tips: Puding Sutera Super Duper Lembut Tak Mudah Hancur

Tak seperti puding biasa yang bertekstur kokoh, Puding Sutra terasa begitu lembut membelai lidah. Rasa lembut puding ini dihasilkan dari penggunaan krimer kental manis sebagai bahan pemanisnya, dan bukan dari gula pasir. Penambahan gula pasir yang bersifat karamel saat dipanaskan, membuat tekstur puding lebih kencang. Puding Sutra disebut juga Silky Puding. Saking lembutnya bak buaian sutra, itulah asal mula nama puding ini.

Puding Sutra sungguh lezat jika dinikmati dingin-dingin, apalagi setelah kita menyantap masakan bercitarasa bumbu yang kuat atau pedas ya, Bunda. Namun ternyata tekstur yang super lembut dari puding sutra ini membutuhkan trik khusus hingga puding lembut dan tidak hancur lho, Bunda. Untuk mengetahui tipsnya, yuk simak terlebih dahulu resep Puding Sutra di bawah ini.


Bahan-bahan

  • 100 gr Fiber Crème
  • 1750 ml air matang
  • 1 kaleng krimer kental manis
  • 1 bungkus nutrijel plain kemasan besar
  • 1 sdm tepung maizena
  • secukupnya garam, (jika kurang manis bisa tambahkan gula pasir)

Cara Membuat

  1. Larutkan Fiber Crème dengan air, masukkan Nutrijel, Krimer Kental Manis, dan garam ke dalam panci, masak hingga mendidih, larutkan tepung maizena dengan sedikit air tuang dalam panci aduk rata, biarkan mendidih sebentar saja.
  2. Bagi adonan beri pasta makanan (bisa gunakan perisa golden brown biru leci, strawberry, talas) tuang dalam cup, biarkan dingin.
  3. Masukkan ke dalam lemari pendingin. Siap sajikan.

Hhmmm.. sluurrppp.. nikmatnya menyantap Puding Sutra yang tersaji dingin ya, Bunda. Apalagi jika ditambah dengan topping irisan buah-buahan segar.. bakal makin mantul tuh! Yummy.. Bunda bisa ganti pemakaian Fiber Crème pada resep di atas dengan susu cair full cream UHT atau santan dengan kekentalan sedang dengan takaran yang sama.


Nah berikut tips supaya Puding Sutra terasa super lembut dan tak mudah hancur; (dilansir dari http//endues.tv)

  • Perhatikan takaran bubuk jelly

Penggunaan bubuk jelly yang terlalu banyak hanya akan membuat tekstur puding terlalu kenyal dan keras saat dikonsumsi, jadi gunakan sesuai resep.

  • Gunakan tepung maizena

Tepung Maizena wajib ditambahkan ke dalam adonan puding sutra dengan tujuan untuk membuat adonan mengental, dan tekstur yang benar-benar lembut.

  • Campur bahan kering, ikuti bahan basah

Aduk merata bahan kering hingga benar-benar tercampur sempurna agar tidak menggumpal nantinya. Setelah bahan kering benar-benar rata, tuangkan bahan cair sedikit demi sedikit seperti susu, santan, dan air matang.

  • Masak hingga cukup panas saja

Rebus puding dengan api kecil sembari terus diaduk agar susu atau santan tidak pecah dan tercampur merata. Masak hingga panas dan berbuih di permukaan. Jangan tunggu hingga mendidih!

  • Gunakan cetakan kecil

Gunakan cetakan cup kecil, karena puding sutra yang bertekstur lembut ini mudah sekali hancur, sehingga cocok dikonsumsi satu kali makan dibandingkan dicetak menggunakan cetakan besar dan dipotong-potong.

Bagaimana sudah siap membuat Puding Sutra yang super lembut? Let's go!

Sumber

0 Response to "Resep dan Tips: Puding Sutera Super Duper Lembut Tak Mudah Hancur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel