Resep Chicken Katsu Renyah a la Hokben Kres.. kress.. Renyah Gurihnya Serasa Makan Di Restoran Jepang

Siapa yang tidak mengenal Chicken Katsu? Masakan ini telah dikenal sejak lama di Jepang dan juga telah mendunia. Banyak sekali restoran-restoran yang berkonsep Jepang menawarkan menu masakan ini. Seperti di Indonesia, kita mengenal Restoran Hokben, singkatan dari Hoka-Hoka Bento, sebuah restoran makanan bergaya Jepang terbesar di Indonesia yang berkonsep “Japanese Fast Food". Nah kali ini kita akan membuat sajian Chicken Katsu a la Hokben ini di rumah, that sounds great, right?

Chicken Katsu atau yang memiliki nama asli Tori Katsu merupakan hidangan asal Jepang berupa irisan daging ayam dengan balutan tepung roti. Daging ayam dibumbui garam dan lada lalu dibalur telur dan tepung roti sebelum akhirnya digoreng dengan teknik deep-frying. Chicken katsu sendiri biasanya diolah dari fillet dada ayam. Salah satu bahan kunci untuk membuat hidangan ini adalah panko atau variasi tepung roti khas Jepang. Panko memiliki tekstur lebih besar, kasar, dan renyah dibandingkan tepung roti pada umumnya.

Ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah sebagai sajian spesial untuk keluarga tercinta, intip resep Chicken Katsu a la Hokben di bawah ini.


Bahan-bahan

  • 500 gr dada ayam fillet

Bumbu halus

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt lada bubuk
  • Kaldu bubuk (optional, sesuai selera)
  • Garam (secukupnya)

Bumbu tepung

  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • Garam (secukupnya)
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Tepung roti atau tepung panko

Cara Membuat

1. Haluskan bawang putih, lada, garam dan kaldu bubuk. Cuci bersih ayam, kemudian potong sesuai selera (dada ayam utuh yang dipotong menjadi empat bagian). Pipihkan daging dengan cara memukul-mukulnya. Lumuri permukaan daging dengan bahan halus sampai rata dan diamkan selama 15 menit.

2. Siapkan 3 buah wadah berbeda. Wadah 1, isi dengan tepung terigu, maizena dan sejumput garam. Wadah 2, isi dengan telur yang sudah dikocok. Wadah 3, isi dengan tepung roti/tepung panir/tepung panko.

3. Ambil potongan ayam yang telah dibumbui, masukkan ke wadah 1 hingga tertutup sempurna, kemudian balur dengan telur di wadah 2 terakhir lumuri dengan tepung roti di wadah 3. Lakukan hingga potongan ayam habis. Simpan di freezer selama 15 menit. Bisa dijadikan stok frozen food. Dapat digoreng sewaktu-waktu.


4. Panaskan wajan. Tuang minyak goreng secukupnya, pokoknya sampai katsu terendam minyak ketika digoreng. Goreng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

5. Potong melintang chicken katsu menjadi beberapa potongan. Sajikan chicken katsu dengan pelengkap seperti salad, saus sambal dan mayonaise, brokoli rebus, kentang goreng.

Sebagai kondimen pelengkap untuk menambah nutrisi, rasa, dan tekstur pada chicken katsu, lengkapi juga dengan salad sayuran. Gunakan wortel dan kol yang dipotong julienne sebagai pelengkap. Dan lengkapi dengan saus favorit. Beberapa saus yang cocok dan umum digunakan adalah saus teriyaki, tapi bisa juga disajikan dengan saus curry jepang. Kalau mau lebih simpel lagi, cukup gunakan saus tomat, saus sambal, dan mayonaise.

Wow.. ternyata mudah kan membuat Chicken Katsu a la Hokben sendiri di rumah, dan bisa dikreasikan sesuai selera Bunda dan keluarga. Selamat mencoba, ya!

Sumber

0 Response to "Resep Chicken Katsu Renyah a la Hokben Kres.. kress.. Renyah Gurihnya Serasa Makan Di Restoran Jepang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel