Resep Cheese Sticks dan Tips Agar Mantul Renyahnya

Menikmati kudapan yang gurih bukan berarti Bunda melulu harus selalu membelinya di luar, lho! Karena sebetulnya Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah. Banyak camilan kering yang mudah untuk dibuat, salah satunya adalah Cheese Stick. Selain gurih, teksturnya yang renyah juga membuat siapapun ketagihan mencicipinya.

Penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri, yuk simak resepnya berikut ini..

Bahan-bahan

  • 150 gr tepung sagu
  • 350 gr tepung serbaguna
  • 200 gr keju parut
  • 2 butir telur
  • 100 gr margarin
  • 75 ml air (tambahkan sedikit demi sedikit, air tidak harus habis, cukup sampai kalis tidak lembek)
  • 1 sdm munjung kaldu jamur
  • 1/2 sdm gula

Cara Membuat

  1. Blender keju, telur, margarin, kaldu jamur dan gula, tambah sedikit air hingga halus.
  2. Uleni hasil blenderan dengan tepung serbaguna dan tepung sagu, sambil tambah air sedikit demi sedikit hingga kalis. Jangan terlalu lama diulen, cukup sampai tidak lengket di tangan.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, ambil satu bagian, gilas di pasta maker polos no 2.
  4. Lipat adonan, ulangi kembali gilas di pasta maker polos no.2. Lipat kembali, gilas di pasta maker no.3. (Sambil di lumuri tepung)
  5. Potong-potong adonan hingga ukurannya sama. Gilas potongan adonan (lumuri tepung) di pasta maker yang bergerigi besar, pisah-pisahkan jika saling menempel, biarkan cheese stick lurus.
  6. Goreng cheese stick hingga kuning keemasan.
  7. Biarkan dingin, simpan dalam wadah kedap udara.

Cukup mudah untuk membuat Cheese Stick, yang Bunda butuhkan adalah ketelatenan dan ketekunan untuk menghasilkan Cheese Stick yang nampol renyahnya. Sajikan kudapan ini untuk teman minum teh sambil berkumpul bersama keluarga dan sahabat.


Tips Cheese Stick Lezat dan Renyah

  1. Gunakan keju cheddar berkualitas baik. Parutan keju cheddar akan menambah tekstur renyah dari cheese stick setelah digoreng. Pilih keju cheddar yang berkualitas baik, supaya cheese stick memiliki rasa gurih, aroma harum dan pastinya terasa lebih lezat. 
  1. Gunakan campuran tepung terigu dan tepung sagu. Untuk membuat cheese stick kita memerlukan campuran tepung terigu dan tepung sagu, dengan perbandingan 3:2. Campuran tepung sagu ini akan membuat adonan lebih kalis. Setelah matang, Cheese stick akan terasa lebih renyah dan kopong di bagian tengahnya. 
  1. Goreng dalam minyak panas dan api kecil

Seperti kue goreng lainnya, menggoreng cheese stick memerlukan minyak dalam jumlah yang banyak. Supaya adonan bisa kering merata dan renyah. 

  1. Masukkan cheese stick satu per satu setelah minyak benar-benar panas. Sedikit-sedikit saja ya biar tidak saling menempel. Goreng di atas api kecil dan angkat setelah warnanya kuning keemasan.

 Selamat mencoba, Bunda!

Sumber

0 Response to "Resep Cheese Sticks dan Tips Agar Mantul Renyahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel