Nasi Gurih Daun Jeruk Nikmat Lezat Tiada Tara

Sebagai orang Indonesia kita tentu tidak asing dengan Nasi gurih. Ragamnya sangat banyak dari berbagai daerah. Antara lain yang banyak dikenal yaitu Nasi Uduk, Nasi Kuning, Nasi Begono, Nasi Langgi dan masih banyak lagi yang lain. Adapun rasa gurihnya umumnya merupakan kombinasi dari santan dan garam serta beberapa paduan rempah yang tentunya berbeda-beda sesuai jenis hidangan yang akan di buat.

Nasi gurih umumnya dihidangkan dengan aneka lauk kering (tak berkuah) dan sayuran yang dimasak tanpa kuah juga seperti sayur kluban/gudangan, aneka oseng/tumis, dan lain sebagainya. Tak terkecuali Nasi Gurih Daun Jeruk yang resepnya akan kami tampilkan di sini yang merupakan varian nasi gurih lezat dengan bumbu rempah sederhana dengan penonjolan taste dan aroma daun jeruk. Rasa gurih segar dari nasi ini membuat semua lauk terasa makin lezat lho Bun.


Nasi gurih sebenarnya dulu lebih banyak dikenal untuk hidangan acara-acara khusus, namun sekarang cocok juga dihidangkan di rumah sebagai selingan menu makan harian keluarga dan sebenarnya pembuatannya tidaklah sulit, pakai magicom pun jadi. Jadi Bunda jangan ragu untuk mencoba membuatnya sebagai menu makan keluarga.  Dengan resep Nasi Gurih Daun Jeruk yang kami tampilkan berikut ini, Bunda bisa membuat nasi gurih yang lezat dan simpel.

Bahan-bahan

  • 3 cup magicom beras
  • Secukupnya santan (bisa pakai kara)
  • 2 batang sereh, geprek
  • 7 lembar salam
  • 10 lembar daun jeruk, remas2
  • 1 lembar pandan
  • 1,5 sdt garam
  • 15 lembar daun jeruk iris halus

Cara Membuat

1. Cuci bersih beras dan tiriskan. Pindahkan ke panci magicom.

2. Masukkan santan dari ½ butir kelapa tua. Makin banyak santan makin gurih.


3. Masukkan juga rempah daun dan garam. Tambahkan air hingga ketinggian seperti memasak nasi biasa di magicom. Saat proses memasak sesekali diaduk.

4. Setelah tanak dan agak hangat, masukkan daun jeruk iris, tapi bila suka warna yang masih hijau masukkan daun jeruk iris saat akan disajikan.

5. Sajikan dengan lauk sesuai selera.

Mudah bukan membuat Nasi Gurih Daun Jeruk ini? Semudah seperti memasak nasi biasa hanya ditambah bumbu saja. Tapi nikmatnya itu lho Bun… sangat berkesan, bikin kangen. Apalagi kalau makannya bareng-bareng, bakal berebut sisa nasi terakhir tuh!

Sumber

0 Response to "Nasi Gurih Daun Jeruk Nikmat Lezat Tiada Tara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel