Membuat Puff Pastry Homemade?! Siapa Takut?! Hayuk..

Apakah Bunda penggemar puff pastry? Jika iya, tak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kulit pastry yang berlapis-lapis dan renyah ini memang tidak mudah untuk dibuat, yang Bunda perlukan adalah kesabaran, ketekunan, waktu yang cukup, juga mencobanya tak cuma sekali dua kali untuk menghasilkan Puff Pastry Homemade yang sempurna. Tetapi sekali Bunda berhasil membuatnya, maka adonan ini bisa Bunda kreasikan menjadi aneka kue pastry yang lezat. Sedap untuk diisi dengan krim lembut dan aneka buah, serta mantap untuk dikreasikan menjadi aneka pie.

Well.. bagaimana Bunda, tertarik ingin mencoba tantangan membuat Puff Pastry Homemade sendiri? Yuk, langsung simak resepnya berikut ini!

Bahan-bahan

  • 500 gr terigu cakra
  • 50 gr margarine
  • 1 sdm gula pasir (sesuaikan selera)
  • 1 sdt garam
  • 250 ml air es
  • 250 gr korsvet

Cara Membuat

1. Alasi meja kerja dengan plastik, pipihkan korsvet di atasnya. Jika korsvet meleleh atau terlalu lembek, masukkan terlebih dahulu ke lemari es hingga kaku.

2. Campur semua bahan, kecuali korsvet. Uleni hingga kalis

3. Taburi meja kerja dengan secukupnya tepung, roll adonan hingga pipih dan lebar. Letakkan korsvet di tengah-tengah adonan, lipat sisi kanan dan kiri ke bagian tengah, lalu sisi atas dan bawah, hingga menutup korsvet tertutup rapat. Lanjutkan roll adonan hingga pipih memanjang.

4. Lipat adonan membentuk huruf “S" (lihat gambar). Lalu roll lagi hingga pipih memanjang.

5. Lipat dobel: lipat sisi kanan ke tengah, sisi kiri ke tengah lalu tangkupkan keduanya (lihat gambar). Roll lagi hingga pipih memanjang (lakukan lipatan seperti ini dua kali), lalu roll pipih memanjang lagi.

6. Setelah pipih, lipat single: lipat sisi kanan ke tengah, lipat sisi kiri hingga menutupi lipatan yang pertama (lihat gambar), lalu roll hingga pipih memanjang (lakukan lipatan yang sama dua kali), lalu roll memanjang.

7. Puff pastry siap digunakan

Bagaimana Bunda, makin tertantang untuk membuat Puff Pastry Homemade sendiri kan?. Ikuti instruksi langkah membuatnya dengan seksama ya. Jangan bosan untuk selalu mencoba, lagi dan lagi.


Tips Agar Puff Pastry Renyah

Untuk menghasilkan pastry dengan kulit yang renyah tentu saja ada syarat dan tahapan yang harus dilakukan, yang paling penting adalah ketepatan dalam pengukuran bahan-bahan dan lingkungan dapur yang sesuai. Pastry, terutama yang menggunakan mentega dingin tidak akan berhasil baik di suhu yang hangat. Karena itulah mengapa pembuatan pastry di restoran atau bakery sebisa mungkin menjauhi oven. Permukaan meja yang terbuat dari marmer, walaupun tidak mutlak, tetapi memang yang paling disarankan untuk membuat pastry karena suhunya yang dingin. 

Nha.. salah satu tips saat Bunda membuatnya di rumah, sebaiknya korsvet yang akan digunakan dimasukkan ke dalam lemari es ya Bunda, supaya lebih kaku dan tidak mudah bocor saat digiling atau dipipihkan bersama adonan. Jika sudah selesaj, bungkus dengan plastic wrap rapat beberapa saat (akan lebih baik jika disimpan semalaman) sebelum digunakan supaya adonan mengembang dan lapisan lemak bekerja baik menjadi aneka kue pastry yang super duper yummy crunchy..

Oke Bunda, selamat mencoba ya!

Sumber

0 Response to "Membuat Puff Pastry Homemade?! Siapa Takut?! Hayuk.."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel