Membuat Mie Basah Homemade Sehat, Why Not?!

Mie adalah makanan yang paling banyak disukai oleh orang baik anak-anak, remaja dan orang dewasa, sehingga paling mudah dijumpai di mana saja. Tak hanya mie instan atau mie kering, mie basah kenyal juga sering menjadi pilihan hidangan pertolongan pertama yang bisa menjadi pengganjal perut yang sedang merintih lapar. Akan tetapi terlalu sering mengkonsumsi mie instan juga kurang baik bagi kesehatan tubuh. Karena seperti kita tahu, bumbu gurih yang disertakan dalam satu bungkus mie instan mengandung penguat rasa atau MSG. Sedangkan MSG sendiri dapat memicu reaksi alergi dengan gejala rasa sakit pada dada, berkeringat, jantung berdebar, dan sakit kepala (dilansir dari laman www.alodokter.com).

Lalu bagaimana dengan mie basah? Beredarnya isu perihal bahan pengawet berbahaya seperti formalin dan bahan pewarna, serta bahan kimia lain yang mungkin saja dimasukkan ke dalam mie basah di pasar tradisional maupun supermarket sering membuat kita ragu untuk membelinya, ya Bun? Jadi tidak ada salahnya Bunda membuat sendiri mie untuk hidangan aneka olahan mie tanpa pengawet yang disajikan untuk keluarga di rumah. Selain memang lebih sehat dan tanpa bahan pengawet dan tanpa pewarna. Tak sulit jika Bunda ikuti setiap instruksinya dengan seksama dengan resep Mie Basah Homemade berikut ini;


Bahan-bahan

  • 450 gr tepung terigu protein tinggi + 50 gr tapioka (atau boleh 500 gr tepung terigu saja) 
  • 2 butir telur + 3 sdm minyak + air total 250 ml (boleh pake 1 telur aja atau tanpa telur sekalipun yang penting total bahan cair 250 ml) 
  • Sejumput garam supaya mie tidak terlalu tawar

Cara Membuat

  1. Aduk rata bahan kering. Masukan bahan cair. Uleni sampai kalis kurang lebih 10 menit. Adonan agak keras, jangan tergoda untuk nambah air! (setelah digiling akan licin dan lembut)
  2. Bulatkan adonan tutup wadah dengan lap basah lalu diamkan selama 30 menit. Uleni lagi sebentar.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, giling dengan pasta maker dengan ketebalan sesuai selera (1-3). Lalu giling lagi dengan gilingan mie.
  4. Taburi dengan tepung tapioka/terigu supaya mie tidak saling nempel. Rebus mie sebentar saja dalam air mendidih yang telah diberi 1-2 sdm minyak . Mie siap diolah. 
  5. Jika tidak diolah langsung, mie bisa disimpan tanpa direbus dulu dalam wadah kedap udara. Bagi mie ke dalam porsi kecil misal 100 gr, gulung yang rapi lalu susun dalam wadah dan simpan di kulkas (tahan 1 mingguan di kulkas bawah  dan 1-2 bulan di freezer)

Bagaimana Bunda, tertarik untuk mencoba membuat Mie Basah Homemade dari resep di atas? Gunakan campuran tepung tapioka atau tepung sagu, telur dan pastikan Bunda memilih tepung protein tinggi untuk menghasilkan tekstur mie basah yang lebih kenyal dan tidak mudah putus.

Oke, selamat mencoba, Bunda.. semoga sukses!

Sumber

0 Response to "Membuat Mie Basah Homemade Sehat, Why Not?!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel