Mashed Potato Cheese Hidangan a la Western yang Lembut, Creamy dan Gurih Mantap

Mashed potato hidangan a la Western ini adalah makanan pendamping yang dibuat dari kentang yang telah dikupas dan direbus (atau dikukus), lalu kemudian ditumbuk halus. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat hidangan ini antara lain susu, butter, bawang putih. Mashed potato biasanya dinikmati bersamaan dengan sayuran atau daging.

Memiliki tekstur yang lembut dan creamy, mashed potato kerap disajikan sebagai hidangan pelengkap di menu makanan Western. Biasanya, mashed potato disantap bersama steak atau fish and chip, sebagai pelengkap karbohidrat. Apakah Bunda sering menyantapnya di restoran langganan keluarga Bunda? Yuk, mulai sekarang kita belajar untuk membuat sendiri Mashed Potato Cheese yang lembut, creamy dan gurih bikin nagih.


Well.. membuat mashed potato terdengar mudah dan simpel ya Bunda, namun tak sedikit yang masih merasa kesulitan mendapatkan tekstur mashed potato yang pas, entah itu terlalu encer, lembek, atau malah terlalu lengket untuk disendok. Perlu diketahui, tidak semua kentang dapat dijadikan sebagai mashed potato. Kentang yang digunakan untuk cara membuat mashed potato adalah kentang yang memiliki kadar pati tinggi, tidak lembek atau berair saat dihaluskan. Pilihlah kentang tes atau yang berumbi tua dengan tekstur daging kenyal. Sedangkan jika kentang yang masih muda dagingnya cenderung masih empuk dan lembek sehingga saat ditumbuk akan berair.

Oke, sudah siap mencoba resep Mashed Potato Cheese untuk hidangan menu sarapan pagi besok? Yuk, capcus intip resepnya berikut ini.

Bahan-bahan

  • 3 kentang ukuran sedang
  • 100 ml susu cair tanpa rasa (plain)
  • 1/3 kotak keju cheddar (kurang lebih 60 gr)
  • 1 sendok makan unsalted butter
  • 1/2 sendok makan margarin
  • Secukupnya lada bubuk
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya parsley

Cara Membuat

1. Kupas kentang, potong dadu lalu kukus hingga empuk.

2. Setelah empuk, tumbuk/hancurkan kentang hingga benar-benar halus.

3. Panaskan margarin, lalu masukkan kentang, aduk-aduk.

4. Tuang susu sambil terus diaduk. Campurkan butter, beri parutan keju. Masak hingga semua bahan menyatu

5. Tambahkan merica dan parsley cincang (atau bubuk parsley). Cicipi, jika kurang gurih bisa tambahkan garam. Aduk rata lalu angkat.

6. Sajikan mashed potato dengan sosis atau ayam panggang dan saos sambal.

Yummeh.. Mashed Potato Cheese ini kudu Bunda coba jika Bunda dan keluarga adalah penggemar olahan kentang. Sajikan bersama steak daging, sosis, smoked beef, ayam panggang sebagai sumber proteinnya. Lengkapi juga dengan rebusan potongan wortel dan brokoli sebagai pelengkap nutrisi.

Selamat mencoba, semoga berhasil ya Bunda!

Sumber

0 Response to "Mashed Potato Cheese Hidangan a la Western yang Lembut, Creamy dan Gurih Mantap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel