Martabak Tahu Daging Sapi Temani Waktu Bersantai Bersama Keluarga di Akhir Pekan

Tak terasa waktu cepat berjalan ya Bun, sudah menjelang weekend lagi nih! Asiiik!! J. Mulai siapin ide menu kudapan yummy yang bisa nemenin waktu bersantai bareng keluarga, nih. Mumpung masih musim hujan, yang biasanya udara sore hari menjadi lebih dingin, kita bikin kudapan yang kelezatannya sulit untuk ditolak yuk, yakni Martabak Tahu Daging Sapi. Martabak merupakan salah satu camilan yang enak dan dipastikan bahwa ia disukai oleh siapa saja. Biasanya nih ya, martabak yang enak dan gurih dibuat dengan menambahkan daging ayam atau sapi di dalamnya.. maknyuuss!

Tekstur renyah pada kulit luarnya juga menyumbang nilai plus makanan ini. Selain nikmat, cara pembuatan martabak tahu juga terbilang praktis. Ingin tahu cara membuatnya secara lengkap, cuss simak resep Martabak Tahu Daging Sapi di bawah ini!


Bahan-bahan

Kulit lumpia :

  • 250 gr tepung terigu
  • 1 butir putih telur
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 350 ml air
  • secukupnya Minyak goreng

Bahan Isi :

  • 1 kotak tahu putih, haluskan
  • 3 lembar daging beef (smoked beef), potong dadu kecil
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 3 batang daun bawang, rajang kasar
  • 2 sdm tepung terigu
  • Garam, kaldu bubuk dan lada halus

Pelengkap :

  • Cabe rawit/ saos sambal

Cara Membuat

1. Kulit lumpia: Campur tepung terigu, telur dan kaldu bubuk, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisk sampai halus dan tidak bergerindil, saring.

2. Tuang 1/2 sendok sayur adonan pada wajan teflon, ratakan dengan kuas. Biarkan matang dan terlepas sendiri dari pan. Angkat.

3. Taburi tiap lembar kulit yang sudah jadi dengan tepung terigu supaya tidak lengket, sisihkan. (satu resep di atas bisa menghasilkan kurang lebih 20 lembar kulit martabak. Bisa lebih, tapi kulit akan lebih tipis dan rawan sobek)


4. Bahan isi : Campur tahu, garam, kaldu bubuk dan lada halus. Aduk rata.

5. Masukkan telur, daging beef, daun bawang. Aduk-aduk. Tambahkan tepung terigu, aduk-aduk.

6. Ambil selembar kulit lumpia, beri satu sendok isian tahu, lipat kedua sisinya, atas dan bawah. Beri perekat (terigu + air)

7. Goreng di wajan datar dengan sedikit minyak. Bolak balik sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 

8. Siap disajikan dengan cabai rawit.

Jika Bunda dan keluarga penggemar citarasa pedas yang mantul, Bunda juga bisa menambahkan potongan cabai rawit dalam adonan isian martabak. Sebelum dibungkus dengan kulit martabak, Bunda dapat mencicipi isi martabak terlebih dahulu dan mengoreksi rasanya, dengan cara goreng sedikit adonan isian. Rasakan dan atur rasa sesuai selera. Ketika sudah dibungkus dengan kulit, martabak sebaiknya segera digoreng. Jika dibiarkan terlalu lama, kulit bisa basah dan sobek. Goreng martabak tahu dengan minyak yang banyak agar bisa matang hingga bagian dalamnya.

Jika Bunda sudah pernah membuat martabak telur sebelumnya, cara membuat Martabak Tahu Daging Sapi ini sama gampangnya, sama enaknya, namun lebih mengenyangkan dan lebih tinggi protein karena ada tahu, serta tentu lebih higienis ketimbang beli di tukang gorengan, kan? Yuk buruan eksekusi resep ini untuk sajian kudapan di akhir pekan!

Sumber

0 Response to "Martabak Tahu Daging Sapi Temani Waktu Bersantai Bersama Keluarga di Akhir Pekan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel