Macaroni Daging Rempah Khas Timur Tengah Cara Lain Menikmati Kelezatan Pasta

Bicara tentang pasta, tidak terpisahkan dari negara Italia. Banyak yang menyebutkan, dari Italia-lah pasta ini pertama kali dipopulerkan. Dalam cerita mitologi Yunani kuno disebutkan Dewa Vulcan membuat adonan tipis dari gandum untuk dibagikan ke orang-orang sebagai makanan. Lalu, pasta sampai ke Italia karena dibawa oleh Marco Polo, setelah kunjungannya ke China (tahun 1295). Ini teori populer yang diterbitkan oleh Journal Macaroni. Tapi beredar pula teori bahwa orang Timur Tengah yang membawa pasta ke Italia. Sedangkan di Indonesia sendiri, pasta dibawa oleh para bangsawan Belanda (www.ayahbunda.com).

Kandungan protein dalam 100 gram makaroni setara dengan 1 potong ayam bagian dada. Pasta juga kaya karbohidrat dan rendah lemak. Hal ini juga yang membuat pasta menjadi salah satu sumber karbohidrat bagi masyarakat Italia. Agar masakan pasta lebih kaya gizi, banyak dari mereka yang menambahkan sayuran, seperti tomat, bayam, jamur, brokoli atau terung. Berbagai protein seperti ayam, udang, atau daging, pun kerap ditambahkan.

Dilansir www.happysciencemom.com disebut-sebut juga kalau pasta, sebagai karbohidrat kompleks mampu meningkatkan level serotonin ke otak, yang bisa membantu anak merasa relaks dan tenang. Belum lagi kandungan lemaknya, yang bisa berfungsi sebagai sumber energi, pelarut vitamin A, D, E, dan K.

Nah.. jika Bunda ingin mengkonsumsi sumber karbohidrat lain selain nasi, Bunda bisa konsumsi makaroni sebagai selingan. Resep asal Timur Tengah ini bisa Bunda coba, Macaroni Daging Rempah Khas Timur Tengah, cek resepnya berikut ini!


Bahan-bahan

  1. 300 gram daging giling
  2. 400 gram macaroni
  3. 1 buah wortel parut kasar (sekitar 150 gram)
  4. 3 buah tomat besar blender / cincang halus
  5. 1 sdm tomato paste / pasta tomat (skip jika tidak punya)
  6. 150 gram bawang merah cincang halus
  7. 3 sdm butter / minyak samin / minyak lainnya
  8. 1 genggam daun bawang cincang
  9. 1 genggam daun ketumbar cincang (skip jika tidak punya)
  10. Secukupnya air untuk merebus makaroni
  11. Secukupnya garam

Bumbu Halus

  1. 8 siung bawang putih
  2. 1/2 jempol jahe

Rempah Utuh

  1. 1 batang kayu manis
  2. 2 lembar daun salam
  3. 5 butir kapulaga
  4. 3 butir cengkeh
  5. 1 butir pekak / bunga lawang

Rempah Bubuk

  1. 1 sdt jintan bubuk atau sesuaikan
  2. 1/2 sdt kunyit bubuk atau sesuaikan
  3. 1/2 sdt merica bubuk atau sesuaikan
  4. 1/2 sdt cabe bubuk atau sesuaikan (skip jika tdk doyan pedas)

Langkah Membuat

1. Rebus air dalam panci, tambahkan garam, biarkan mendidih, tes rasa, air harus asin seperti rasa air laut, masukkan makaroni dan masak hingga al-dente / Setengah matang

2. Angkat panci, buang airnya, bilas sedikit dengan air kran agar tidak lengket satu sama lain, lalu tiriskan.

3. Dalam panci, lelehkan 2 sdm mentega tambahkan 1 sdm minyak biasa, masukkan bawang merah cincang tumis hingga layu, masukkan rempah utuhnya dan bumbu halus, tumis hingga harum dan tidak langu lagi

4. Masukkan daging giling, tumis sambil diaduk aduk hingga daging berubah warna, masukkan rempah bubuknya dan garam aduk rata.


5. Masukkan pasta tomat aduk dan tumis beberapa detik, lalu masukkan tomat yang sudah diblender atau dicincang halus, aduk rata, tutup pancinya biarkan masak sekitar 3 menit hingga tomat berubah warna, tambahkan sedikit air sekitar setengah gelas (+ 150 ml) biarkan hingga mendidih, lalu masukkan parutan wortel. Aduk rata, biarkan masak hingga kuah mulai menyusut agak kental (kalau suka paprika bisa juga dimasukkan)

6. Masukkan daun bawang cincang dan daun ketumbar cincang, aduk rata sebentar, dan matikan kompor,

7. Dalam panci, taruh makaroni yang sudah direbus tadi, dan tuang kuah dagingnya, aduk hingga tercampur rata, tutup rapat pancinya, masak dengan api kecil sekitar 20 menitan. Hingga tanak.

8. Pindahkan ke mangkok saji dan sajikan

Warnanya merah menggoda, rasa dan aroma dari rempah yang membuat Macaroni Daging Rempah Khas Timur Tengah ini semakin laziz!

Sumber

0 Response to "Macaroni Daging Rempah Khas Timur Tengah Cara Lain Menikmati Kelezatan Pasta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel