Kukis Putri Salju Pandan Manis, Gurih, Lumer di Mulut

Kukis Putri Salju menjadi salah satu satu produk kue kering klasik favorit. Bisasanya berbentuk bulan sabit, kue ini disebut sebagai “putri salju” karena terdapat taburan gula putih yang lembut di atasnya. Rasanya manis, gurih, lembut di lidah, hancur dalam sekali gigit, dan bisa meninggalkan kesan dingin di mulut.

Sebagai informasi, ternyata kue kering ini bukan asli Indonesia lho Bunda, tapi berasal dari Philipina dan sangat populer disana. Putri salju juga terkenal hingga Austria dan Jerman. Cara membuat putri salju sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan nastar pada umumnya. Aromanya bakal lebih istimewa kalau Bunda menggunakan butter. Namun jika Bunda menghendaki kukis yang lebih renyah, Bunda bisa kombinasikan antara butter dan margarine.

Lalu, pernahkah Bunda merasakan Kukis Putri Salju Pandan? Warnanya yang ijo royo-royo dengan taburan gula halus yang seputih salju membuat tampilan kue kering ini semakin cantik dan menggoda untuk segera dinikmati. Wangi pandan yang berbaur dengan aroma butter akan membuat “mata merem mode: on” sambil menikmati rasa dan teksturnya yang lumer di mulut.. yum.. yuum.. Penasaran pengin tahu bagaimana cara membuatnya? Yuk ikuti resepnya berikut ini.


Bahan-bahan

  • 250 gram butter (bisa mix dengan margarin)
  • 50 gram gula halus
  • 1/4 sdt garam
  • 1-2 sdt pasta pandan
  • 250 gram terigu protein sedang
  • 100 gram maizena
  • 25 gram susu bubuk

Cara Membuat

1. Kocok/aduk-aduk butter dan gula halus sampai lembut, tidak perlu lama/tidak perlu mengembang.

2. Masukkan pasta pandan, kocok rata.

3. Ayak terigu, maizena dan susu bubuk. Masukkan ke adonan butter hingga adonan bisa dipulung. Aduk rata menggunakan spatula/sendok kayu. Bila agak lembek simpan dulu di kulkas sampai lebih padat.

4. Pulung adonan secukupnya, bentuk bulat. Tata dalam loyang tanpa dioles (alasi baking paper).

5. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan suhu rendah (+ 150oC) hingga matang, sekitar 25-30 menit hingga terlihat pinggiran/bagian bawah kue mulai agak kecoklatan. Sesuaikan dengan oven masing-masing.


6. Keluarkan kue dari oven, biarkan agak hangat. Gulingkan di gula halus/icing sugar/gula donat. Diamkan sampai benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam toples.

Kresss.. kreesss.. hmm.. one bite is never enough! Buruan eksekusi Kukis Putri Salju Pandan ini deh Bun, pasti bakal ketagihan! Untuk Bunda yang tidak memiliki cetakan kukis Putri Salju yang berbentuk bulan sabit pun bukan lagi masalah, karena Bunda bisa langsung memulung dan membulat-bulatkan adonan. Lebih mudah dan praktis kan?

Meskipun kukis Putri Salju ini versi jadul yang tidak memakai telur, kacang dan keju. Hanya menggunakan bahan utama butter, tepung terigu dan gula. Namun mampu menghasilkan tekstur yang renyah, ngeprul tapi tetap kokoh. Kukis ini tidak terlalu manis, karena luarnya sudah memakai balutan gula halus yang manis. Gunakan butter yang berkualitas ya Bunda, untuk hasil Putri Salju yang nampol lezatnya.. yummeh!

Sumber

0 Response to "Kukis Putri Salju Pandan Manis, Gurih, Lumer di Mulut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel