Kerupuk Seblak Kering Pedas Camilan Kriuk yang Bikin Nagih

Sebagai pusat industri kreatif Indonesia, Bandung juga terkenal dengan industri kreatif bidang kuliner. Berbagai menu makanan enak namun murah meriah bisa ditemukan di Bandung. Tak cuma siomay dan batagor, tak cukup berhenti pada sajian sedap keluarga tepung aci (cilok, cilor, cireng dan lain-lain), kini kita bisa menikmati Kerupuk Seblak Kering Pedas.

Tentunya kita sudah tidak asing dengan sajian seblak, karena jajanan lezat ini pernah hits beberapa waktu yang lalu. Seblak sendiri terdiri dari dua jenis, yakni seblak kering dan seblak basah. Sebenarnya, cara membuat seblak kering tak jauh berbeda dengan kerupuk-kerupuk pedas lainnya, seperti mie lidi pedas, makaroni pedas, basreng (baso goreng), juga keripik mie pedas. Jika Bunda dan keluarga adalah penggemar camilan kering nan pedas, bisa nih menjadikan Kerupuk Seblak Kering Pedas sebagai pilihannya. Tertarik mencoba, catat resepnya di bawah ini!


Bahan-bahan

Bahan A

  • 1/2 kg kerupuk bawang
  • 1 liter minyak atau lebih

Bahan B

  • 3 siung bawang putih iris tipis
  • 2 ruas jari kencur iris tipis
  • 2 lembar daun jeruk

Bahan C


  • Bubuk cabe secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Bon cabe secukupnya

Cara Membuat

  1. Rendam kerupuk dalam minyak dingin (suhu ruang). Diamkan 30 menit.
  2. Goreng dengan api kecil hingga kerupuk terasa ringan dan mengapung.
  3. Goreng bahan B hingga kering (tidak gosong). Kemudian hancurkan.
  4. Selagi panas campurkan di dalam toples kerupuk dengan bahan B (sudah ditumbuk) dan bahan C. Kocok/aduk-aduk hingga tercampur rata.
  5. Biarkan beberapa saat hingga kerupuk dingin. Simpan di toles kedap udara.

Cukup mudah untuk membuat camilan lezat Kerupuk Seblak Kering Pedas ini sendiri di rumah, kan Bunda? Camilan kering pedas yang satu ini dapat bertahan cukup lama jika Bunda simpan dalam wadah yang rapat, selain juga rasa pedasnya yang menggugah selera tentunya. Kriuk.. kriuk.. huh.. hah.. endeees!

Sumber

0 Response to "Kerupuk Seblak Kering Pedas Camilan Kriuk yang Bikin Nagih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel