Kare Jepang, Sajian Pelengkap Kesempurnaan Rasa Hidangan Negeri Sakura

Jika kemarin kita sudah menyajikan resep Chicken Katsu, kali ini kami akan melengkapi kesempurnaan rasa menyantap sajian spesial a la Jepang ini dengan hidangan Kare Jepang. Sama populernya dengan sushi dan ramen, kari atau kare ini merupakan salah satu makanan yang digemari di Jepang. Biasanya disajikan dengan chicken katsu dan nasi hangat. Rupanya dulu kare di Jepang atau curry rice tidak sepopuler sekarang, kare baru dikenal sekitar 150 tahun yang lalu.

Lalu apakah Kare Jepang sama dengan masakan kare dari India? Tentu berbeda ya, Bun. Kare Jepang disajikan di atas nasi putih dan cenderung berkuah kental. Biasanya kare ini berisi daging sapi, wortel, bawang bombay, dan kentang. Sebagai pelengkap, ada kalanya disajikan juga fukujin dan rakkyo (sejenis acar). Sedangkan kare India memiliki kuah lebih encer karena tidak menggunakan tepung terigu seperti halnya pasta kare. Kare India terbuat dari bumbu-bumbu seperti jinten dan kunyit dan disantap dengan nasi India yang tidak begitu lengket serta roti Nan.

Nah, jika Bunda sudah mencoba membuat Chicken Katsu, maka kali ini Bunda bisa melengkapinya dengan masakan Kari Jepang. Berikut ini resep pilihan kami dari Bunda Dhiah Oddie yang bisa Bunda coba praktekkan di rumah.

Bahan-bahan

  • 250 gr dada ayam, belah
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • secukupnya Garam dan lada
  • Tepung panir
  • Minyak goreng

Bahan kare:

  • 1 buah wortel, potong dadu kecil
  • 1 buah kentang, potong dadu
  • 1 buah bawang bombai, cincang kasar
  • 2 siung bawang putih, rajang halus
  • 2 sdm chicken curry powder
  • 800 ml air
  • 1 sdt maizena (dilarutkan dengan sedikit air)

Cara Membuat

1. Chicken Katsu:

Lumuri ayam dengan garam dan lada, diamkan 30 menit. Celupkan ke dalam telur, dan balurkan pada tepung panir sambil ditekan-tekan. Ulangi sampai 2x, dan goreng sampai kuning keemasan, angkat. Sisihkan.

2. Kare Jepang:

Tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum, beri air dan masukkan wortel dan kentang. Masak sampai lunak. Tambahkan bumbu chicken curry powder, aduk-aduk. Tuang dengan larutan maizena, aduk lagi sampai mendidih dan mengental, angkat.

3. Siap disajikan dengan nasi dan chicken katsu.

Hmmm.. yum.. yum.. honto honto ni oishii desu! Betul-betul lezat menyantap sepiring nasi putih hangat, chicken katsu yang gurih renyah di luar dan juicy di dalam, semakin sempurna dengan citarasa Kare Jepang yang lezat.


Oya Bunda, jika Bunda ingin membuat versi kare mirip dengan Kare asli Jepang, Bunda bisa tambahkan Roux Kari ke dalam kuah kari saat dimasak. Tidak seperti kari Thailand atau India, kare ala Jepang biasanya dibuat menggunakan roux kari, ya Bunda. Roux kari sendiri adalah campuran tepung, lemak dan minyak, campuran rempah-rempah, bumbu, dll. yang dipanaskan secara menyeluruh, kemudian didinginkan hingga padat, dan dijual oleh berbagai perusahaan makanan di Jepang.

Roux kari mengandung aroma lezat yang tercipta dari tepung terigu yang ditumis di wajan serta aroma rempah yang dipanaskan dalam suhu yang sesuai sehingga tercipta aroma yang kaya citarasa yang bisa menciptakan aroma yang harmonis serta kekentalan saus yang sesuai. Nah jika Bunda membutuhkan roux kari, Bunda bisa mencari dan membelinya melalui online shop yang menyediakan bahan-bahan khusus makanan dan masakan khas Jepang.

Selamat mencoba!

Sumber

0 Response to "Kare Jepang, Sajian Pelengkap Kesempurnaan Rasa Hidangan Negeri Sakura"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel