Jajanan Pasar: Putu Ayu Pandan Tak Cuma Ayu, Namun Juga Lezat

Jenis jajanan atau makanan ringan yang ada di Indonesia sangat beragam dan banyak sekali jenisnya. Mulai dari yang tradisional hingga sajian yang diadaptasi dari luar negeri pun ada. Salah satu jajanan pasar khas Nusantara yang cukup populer adalah kue putu ayu. Putu Ayu Pandan merupakan makanan atau jajanan yang terbuat dari tepung terigu serta tambahan bahan lain untuk adonan kue nya, lalu diberi topping parutan kelapa yang gurih.

Putu ayu biasanya berwarna hijau yang berasal dari perasan jus daun pandan atau pasta pandan. Lalu dicetak dengan cetakan kecil yang memiliki bentuk khas dengan lekukan di tengah cetakan. Rasanya yang enak, manis, serta gurih yang dihasilkan dari parutan kelapa menjadikan putu ayu sangat digemari oleh masyarakat. Harga yang ditawarkan pun relatif murah, khas jajanan pasar. Biasanya putu ayu dihidangkan saat acara-acara tertentu seperti saat arisan, halal bihalal, ataupun saat ada acara adat.


Namun tak ada salahnya jika kali ini Bunda ingin membuat Putu Ayu Pandan sendiri di rumah. Pastinya dengan bahan yang lebih terjamin kualitasnya, Bunda akan mendapatkan Putu Ayu yang lebih enak, lembut dan gurih. Mau tahu caranya, yuk intip resep di bawah ini!

Bahan-bahan

  • 2 butir telur
  • 120 gr gula pasir
  • 1 sdt ovalet (bisa gunakan 1/2 sdt SP)
  • 1/2 sdt garam
  • 150 gr terigu segitiga
  • 1 sdm munjung tepung tapioka
  • 3 sdm Fiber Crème, endapan juice pandan secukupnya campur air sampai 100 ml (bisa tambahkan pasta pandan kalau warna belum hijau)
  • Kelapa parut agak muda secukupnya dan garam aduk rata, kukus dengan daun pandan 15 menit. Sisihkan.

Cara Membuat

  1. Mixer telur, gula, SP, dan garam sampai kental putih berjejak, masukkan sedikit demi sedikit tepung, air yang sudah dicampur Fiber Crème, aduk rata dengan spatula hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Ambil cetakan, olesi dengan minyak goreng, masukkan kelapa parut secukupnya tekan-tekan, ratakan.
  3. Panaskan kukusan, bungkus tutup kukusan dengan kain bersih, supaya uap air tidak tetes ke atas adonan selama proses pengukusan.
  4. Tuang adonan hingga penuh, kukus hingga matang (kurang lebih 15 menit)
  5. Angkat, keluarkan dari cetakan. Siap sajikan

Tarraaa.. Putu Ayu Pandan siap disajikan untuk kudapan bersantai bareng keluarga, atau sebagai hidangan jamuan acara-acara khusus di rumah. Tampilannya yang cantik, dengan perpaduan kue yang lembut, manis, berwarna hijau nan wangi pandan, dengan topping berwarna putih dari gurihnya kelapa sangatlah menggoda untuk segera dinikmati. Hmmm.. yum.. yuuumm..

 Sumber

0 Response to "Jajanan Pasar: Putu Ayu Pandan Tak Cuma Ayu, Namun Juga Lezat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel