Eksotisnya Singkong Thai a la Mall Ambassador Dari Tampilan Hingga Rasa Lezatnya

Sudah pernah makan singkong Thailand, Bun? Kalau ada yang belum tahu singkong Thailand, ini makanan dari singkong rebus yang disiram dengan fla/saus santan kental. Singkong rebus yang gurih manis berpadu dengan gurihnya fla santan kental berasa lezat.. nyless banget di mulut. Di mall Ambassador ada yang jual makanan ini tapi sedikit berbeda, dengan singkong yang dilumat dan dibentuk bulat lonjong. Dengan perbedaan seperti itu saja  Singkong Thai a la Mall Ambasador ini walau mahal tapi bisa laris manis lho, Bun. Tampilannya jadi lebih menarik dan singkong yang dilumat tanpa serat sumbu membuat makanan ini lebih enak disantap. Singkongnya langsung hancur dimulut lumer bersama fla santan yang gurih nikmat…. ueenak banget deh Bun!

Tapi tak usah mencari sampai kesana kalau Bunda ingin menyantapnya, karena Bunda bisa membuatnya sendiri  di rumah dengan resep yang kami tampilkan di sini. Bunda bisa simak dan persiapkan bahannya, ikuti langkahnya dan Singkong Thai a la Mall Ambassador akan  hadir di rumah Bunda. Mantap kan Bun, lets cek it…

Bahan-bahan

  • 500 gram singkong/ubi kayu, potong sepanjang 5 cm, belah memanjang ditengah
  • 700 ml air
  • ½ sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan susu bubuk full cream

Note: tambahkan sekitar 3 - 4 sendok makan keju cheddar parut di adonan singkong untuk membuatnya lebih creamy dan gurih.

  • Bahan saus:
  • 100 ml santan kental instan kemasan
  • 500 ml air
  • 130 gram gula pasir
  • ¼ sendok teh garam
  • 3 sendok makan tepung maizena larutkan dengan 2 sendok makan air
  • 2 lembar daun pandan

Langkah Membuat

1. Siapkan ubi kayu, siangi dan cuci hingga bersih. Masukkan ke dalam panci, tambahkan air dan garam. Rebus dengan api sedang hingga ubi kayu benar-benar empuk. Angkat. 

2. Jika masih ada sisa air rebusan maka saring ubi sehingga terpisah dengan air rebusannya. Buang air rebusan ubi. Masukkan ubi kembali ke dalam panci, tambahkan gula pasir dan susu bubuk. 

3. Lumatkan ubi yang telah direbus dengan menggunakan punggung sendok nasi atau alat apapun hingga halus dan menjadi adonan yang kental dan pekat. Buang serat-serat dan sumbu ditengah ubi.  Sisihkan.


4. Siapkan panci lainnya, masukkan semua bahan saus kecuali larutan maizena. Rebus dengan api kecil sambil saus diaduk-aduk dengan baloon whisk (pengaduk balon) hingga mulai mendidih. Masukkan larutan maizena dan aduk terus hingga saus menjadi kental.

5. Saus harus cukup pekat dan kental namun sedikit lebih encer dibandingkan bubur sumsum dan mudah diguyurkan ke permukaan singkong. Masak saus hingga mendidih, angkat dan sisihkan.

6. Siapkan piring/mangkuk saji. Bentuk adonan singkong dengan bantuan sebuah sendok nasi dan sebuah sendok makan hingga menjadi bulatan lonjong sebesar telur ayam. Tata di wadah, lalu siram singkong dengan saus flanya.

Untuk menyantapnya lebih nikmat saat dingin ya Bun. Saus fla-nya akan lebih kental dan berasa pekat di mulut lezat banget menyatu dengan singkongnya. Singkong Thai a la Mall Ambassador selain untuk hidangan keluarga bisa jadi hidangan eksotis untuk jamuan acara-acara di rumah Bunda. Selamat mencoba dan selamat menikmati ya, Bun!

Sumber

0 Response to "Eksotisnya Singkong Thai a la Mall Ambassador Dari Tampilan Hingga Rasa Lezatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel