Bolu Sakura Karamel Kukus Legit Gurihnya Siap Menemani Acara Spesial Bunda

Bolu Sakura, tentu sudah tak asing lagi terdengar di telinga kita ya, Bunda. Atau ada Bunda yang belum mengenalnya? Oke, kita kulik sekilas tentang kudapan khas jajanan pasar tradisional Indonesia ini. Kue Sakura atau Bolu Sakura Karamel Kukus adalah salah satu bolu kukus yang terbuat dari gula karamel yang memiliki citarasa legit dan gurih. Bolu sakura, dari namanya saja sudah indah ya, Bunda? Begitu mendengar nama kue yang satu ini pasti kita langsung terbayang dengan bentuk bunga sakura nan cantik. Walaupun sejatinya bentuk kue ini tidak benar-benar mirip bunga sakura, tapi  cukup cantik untuk menyandang nama tersebut. Bolu Sakura cocok dijadikan sajian untuk keluarga atau hidangan acara spesial.

Sebetulnya tak sulit untuk membuat sendiri panganan ini di rumah. Jika Bunda tertarik untuk membuat bolu kukus ini, Bunda hendaknya menyiapkan cetakan khusus berbentuk bunga sakura. Selebihnya, kue ini sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang cukup simpel pula. Seperti apa, Bunda bisa tengok catatan resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 250 gr gula pasir 
  • 250 ml air
  • 1 sachet SKM coklat 
  • 2 butir telur 
  • 200 gr terigu 
  • 25 gr maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue 
  • 75  gr margarin dilelehkan bersama 50 ml minyak

Cara Membuat

  1. Siapkan kurang lebih 25 - 30 cetakan kue sakura/cetakan putu ayu. Olesi dengan minyak
  2. Ayak terigu, maizena, bp dan soda kue. Sisihkan 
  3. Buat karamel: masak 150 gr gula pasir dengan api kecil sekali sampai mencair berwarna kecoklatan dan berubah menjadi karamel (jangan diaduk supaya tidak menggumpal, cukup sesekali goyangkan pelan pan nya). Tuangi air panas dengan hati-hati. Masak sampai karamel larut dengan air. Masukkan SKM. Aduk rata. Biarkan dingin 
  4. Panaskan kukusan. Alasi tutupnya dengan kain bersih. 
  5. Kocok sisa gula dan telur sampai mengembang dan kental. Turunkan speed mixer ke yang terendah, masukan bahan kering bergantian dengan larutan karamel. Kocok asal rata saja. Jangan over mix.
  6. Masukkan margarin cair, aduk balik dengan spatula atau kocok dengan speed terendah cukup sampai tercampur rata saja. Jangan over mix .
  7. Tuang ke dalam cetakan yang telah disiapkan. Kukus selama kurang lebih 15-20 menit.

Hhmmm.. yummy! Meski bolu sakura ini semakin jarang bisa ditemui di pasar-pasar tradisional karena semakin banyaknya camilan yang lebih modern, ternyata tak sulit untuk membuatnya sendiri di rumah kan, Bun? Apalagi Bolu Sakura Karamel Kukus ini bisa menjawab kerinduan Bunda dan orang yang menikmatinya akan kelezatan panganan klasik. Sungguh nikmat menjadi teman minum teh atau kopi..

Sumber

0 Response to "Bolu Sakura Karamel Kukus Legit Gurihnya Siap Menemani Acara Spesial Bunda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel