Bolu Ketan Hitam Panggang Sajian Bolu yang Unik, Lembut Lagi Lezat

Apakah Bunda salah satu penikmat Kue Bolu? Ya, kue bolu memang lezat ya, Bun. Dan hingga saat ini telah banyak kreasi dan inovasi yang dilakukan dalam membuat resep kue bolu, dimana salah satunya adalah Bolu Ketan Hitam Panggang. Mungkin banyak di antara kita yang mengenal bahwa kue bolu dibuat dari tepung terigu saja, namun ternyata menggunakan tepung ketan menjadi salah satu kondimen kue bolu ternyata mampu menghasilkan sajian yang khas, unik, namun juga enak.

Bolu ketan hitam memiliki rasa yang tidak kalah nikmat dengan bolu dari tepung terigu, malahan bolu ketan hitam memiliki rasa yang lebih legit dan lembut. Oleh sebab itu, bolu ketan hitam juga sangat cocok apabila dijadikan sebagai santapan camilan saat bersantai bersama keluarga tercinta. Nah, jika Bunda penasaran dengan rasanya, tak perlu bingung-bingung lagi  karena kami akan sajikan resep Bolu Ketan Hitam Panggang a la Bunda @wawawiati di akun Instagram nya. Yuk, simak!


Bahan-bahan

Bahan 1 : 

  • 150 gr tepung ketan hitam 
  • 50 gr tepung terigu 
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili

Note: Aduk rata semua Bahan 1, ayak, lalu sisihkan

Bahan 2:

  • 200 gr margarin/ mentega 
  • 50 gr gula pasir 
  • 4 kuning telur 
  • 1 sachet Susu kental manis (40 gr)

Bahan 3: 

  • 4 putih telur 
  • 150 gr gula pasir (bisa kurangi takarannya jika tidak suka terlalu manis) 
  • 1/3  sdt cream of tar tar atau 1 sdt air perasan jeruk nipis atau 1/4 sdt cuka (boleh tidak pakai, tapi pastikan telur dalam kondisi bagus dan masih segar)

Cara Membuat

  1. Kocok Bahan 3: pertama kocok putih telur dan  cream of tar atau air perasan jeruk nipis kocok sampai agak mengembang dan berbusa . Masukkan gula pasir dalam 3 tahap. Kocok sampai soft peak (adonan kental, putih berkilat dan kalau mixer diangkat membentuk ujung runcing yang sedikit terkulai ). Bersihkan mixer dari putih telur dengan spatula , tidak perlu dicuci dan tidak apa-apa bila ada sedikit kocokan putih telur yang masih menempel.
  2. Lanjut dengan  mengocok mentega dan gula sampai lembut dan creamy. Masukkan kuning telur satu persatu. Pastikan tiap kuning telur sudah tercampur rata dengan adonan mentega sebelum memasukan  kuning telur berikutnya (kurang lebih setengah menit untuk setiap kuning telur) lakukan sampai kuning telur habis. 
  3. Masukkan bahan 1  dalam 3 tahap, aduk balik dengan spatula atau whisk atau boleh dimixer dengan speed terendah cukup sampai tercampur rata saja. Jangan over mix. Matikan mixer. 
  4. Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan kuning telur dalam 3 tahap. Aduk balik dengan spatula atau whisker sampai tercampur rata. Jangan over mix.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah dioles margarin dan ditaburi terigu (pakai loyang tulban ukuran 20).
  6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.

Bolu Ketan Hitam Panggang ini akan menggoda lidah siapa saja yang menyantapnya. Tak terbatas orang dewasa, anak-anak pun menyukainya karena teksturnya yang lembut dan juga rasanya yang manis lezat. So.. tunggu apa lagi, buruan praktekkin resep di atas ya...

Sumber

0 Response to "Bolu Ketan Hitam Panggang Sajian Bolu yang Unik, Lembut Lagi Lezat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel