Bolu Kering Jadul Penganan Simpel yang Tak Bisa Diremehkan

Masih ingat bolu kering jaman dulu, Bun? Bolu Kering Jadul ini dulu termasuk jadi andalan untuk suguhan-suguhan acara, ataupun tamu di rumah. Dengan banyaknya warung yang menjualnya, menunjukkan jika memang dulu roti ini banyak yang suka.  Rasa standar dengan ragam bahannya yang sangat sederhana menghasilkan rasa yang hampir sama dari semua produsen kala itu, menjadikannya sangat popular. Bahkan sekarang pun masih ada yang menjualnya di daerah pinggiran atau di pasar tradisional.

Roti yang cocok banget jadi teman minum teh di rumah ini, memang sudah tergeser dengan aneka ragam roti lain yang lebih moderen. Namun walau begitu sebenarnya masih cocok dihadirkan sebagai suguhan ataupun sediaan penganan untuk menemani secangkir teh hangat saat bersantai di rumah. Bolu Kering Jadul ini dibuat dari bahan sederhana dan dengan proses yang simpel, jadi akan sangat mudah bagi Bunda menyiapkannya. Terlebih lagi roti ini juga tahan lama dan bisa dibuat kue kering dengan memanggangnya di oven. Biar Bunda yakin, yuk cek resepnya di bawah ini.


Bahan-bahan

  • 3 butir telur 
  • 110  gr gula pasir
  • 120 gr tepung terigu
  • 1/4 sdt baking powder
  • Seujung sdt garam 
  • 1/2 sdt vanili

Cara Membuat

  1. Siapkan cetakan, (bisa pakai cetakan pie ukuran kecil) olesi dengan margarin lalu taburi terigu (bisa dioles dengan carlo KW). 
  2. Panaskan oven (jika menggunakan oven tangkring, bagian dalam dasar oven alasi dengan loyang bekas supaya kue tidak cepat gosong)
  3. Kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan pucat. Masukan garam. Kocok sampai kental berjejak.
  4. Masukkan campuran terigu, bp dan vanili sedikit demi sedikit, kocok dengan speed terendah asal tercampur rata atau aduk balik menggunakan spatula hingga rata. 
  5. Tuang ke dalam cetakan, jangan terlalu penuh karena kue akan ngembang saat dipanggang
  6. Panggang dioven dengan api sedang sampai agak kecokelatan, kecilkan api, lanjutkan memanggang sampai kue kecoklatan.
  7. Keluarkan dari oven lalu keluarkan kuenya dari cetakan.
  8. Kalau mau lebih kering, bolu yang sudah dikeluarkan dari cetakan bisa disusun diloyang lalu dioven lagi dengan api kecil.

Hhhmmm… meski berbahan sederhana, namun citarasa Bolu Kering Jadul ini benar-benar memiliki kenangan manis masa kecil yang tak terlupakan. Sajikan saat bersantai bareng keluarga atau saat menikmati secangkir teh atau kopi hangat di sore hari.. endeeuuss!

Sumber

0 Response to "Bolu Kering Jadul Penganan Simpel yang Tak Bisa Diremehkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel